Sumber : Google.com

Dilansir dari media online Tribunnews, Aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) di Selat Sunda masih terus aktif.

Sejak Jumat (4/1/2019) pukul 00.00 WIB hingga pagi ini tercatat 13 kali terjadi gempa letusan dengan amplitudo 15-22 mm dan durasi 40-110 detik.

"Juga teramati adanya asap kawah bertekanan sedang berwarna putih dengan intensitas tebal berketinggian 1.000 meter," kata Andi Suardi, Petugas pos pantau GAK di Desa Hargopancuran Kecamatan Rajabasa.

Hingga kini status GAK masih pada level III Siaga.

Belum lepas dari ingatan kita, Tsunami menerjang beberapa wilayah pantai di Selat Sunda tepatnya di Pandeglang, Serang dan Lampung Selatan pada Sabtu (22/12). Fenomena alam itu terjadi akibat longsor bawah laut karena pengaruh erupsi Gunung Anak Krakatau.

Merespon hal tersebut, Tim Siaga Bencana (SIGAB) PPPA DAQU telah berangkat ke sejumlah titik lokasi terdampak bencana di Pandeglang, Banten sejak Minggu (23/12). Sejumlah daerah seperti Labuan dan Kecamatan Sumur mengalami kerusakan yang cukup parah.

Selain membuka Layanan Kesehatan untuk Korban Tsunami Selat Sunda, sejak Selasa (25/12) pagi, tim medis yang diketuai Dr Harry Achsan didampingi apoteker dan tenaga logistik yang berangkat dari Makassar itu langsung bergerilya memberikan layanan kesehatan.

Menyusur lokasi-lokasi pengungsi di bukit-bukit yang sulit diakses. Sebab para korban menyebar untuk mengungsi ke rumah-rumah saudaranya, atau di gubuk-gubuk perbukitan.

Trauma Healing dan aksi #IndonesiaSiagaBencana

Untuk meredakan trauma pasca bencana, digelar juga aksi trauma healing dengan menghadirkan tim Mobile Qur’an (MoQu) pada Rabu (26/12) di SDN Kertajaya 2, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Aksi kemanusiaan lainnya juga dilakukan di sejumlah wilayah bencana yang membutuhkan seperti banjir di Kabupaten Barru (Sulawesi Selatan) serta untuk para korban bencana longsor yang menimpa kabupaten Sukabumi.

“Bagi masyarakat yang ingin membantu, bisa melalui rekening PPPA Daarul Qur’an atau sedekahonline.com. Semoga dapat sedikit meringankan beban para korban terdampak bencana longsor, banjir dan Tsunami,” ujar Direktur PPPA Daarul Qur’an, Tarmizi As Shidiq

SEDEKAH POPULER

Sedekah untuk Makan dan Buka Puasa Santri

oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Para santri yang tak dipungut biaya ini bertahun-tahun hidup dalam kesederhanaan dan tetap bersyukur dalam berbagai keadaan.

8.26%
Rp. 4.130.000
36 Hari lagi
 
SEDEKAH

Bantu Korban Banjir Bandang Konawe

oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Banjir bandang telah menerjang Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara sejak Sabtu (1/6/2019) siang.

32.09%
Rp. 16.044.000
36 Hari lagi
 
SEDEKAH

Beasiswa Tahfidz Qur’an

oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Hafal 30 Juz, Anak Rantau Ini Kuliah di ITB Gratis, Mencari peluang beasiswa adalah salah satu upaya Yusuf untuk meringankan beban orang tua.

10.88%
Rp. 10.881.000
5 Hari lagi
 
SEDEKAH

ARTIKEL TERBARU