Wisuda Akbar Menghafal 2017

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Perluasan penyelenggaraan Wisuda Akbar Indonesia Menghafal ini juga dimaksudkan agar bagi mereka yang belum menghafal bisa termotivasi untuk menghafal

0.7%
Rp. 4.920.000
21
62 hari Lagi
SHARE

 

Al Qur'an selalu memukau siapapun yang berinteraksi dengannya. Indonesia, dengan keanekaragaman budaya pun memiliki warna-warni yang unik jika berbicara soal Kitab Suci ini.

Sebuah  laporan menunjukkan jumlah penghafal Al Qur’an di Indonesia sebanyak 30 ribu orang. Angka ini memang banyak jika dibandingkan dengan penghafal Qur’an di Negara lain. Namun, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang sebesar 234 juta jiwa, angka ini masih sangat kecil. Sedikitnya penghafal Qur’an di Indonesia terjadi karena beberapa sebab diantaranya stigma banyak orang bahwa menghafal Al Qur’an itu susah, agenda-agenda terkait gerakan tahfidzul Qur’an yang tergolong masih minim. Selain juga masih sedikitnya perguruan atau pesantren yang khusus dalam bidang tahfidzul Qur’an.  

Untuk itu PPPA Daarul Qur’an sejak awal keberadaannya menjadikan terwujudnya Indonesia sebagai negara penghafal Al Qur’an menjadi tujuan utama. Alhamdulillah, lewat gerakan Wisuda Akbar Indonesia Menghafal menimbulkan motivasi dan kesadaran umat muslim untuk menghafal Qur’an.

Alhamdulillah, 7 tahun berturut Wisuda Akbar Indonesia Menghafal sudah diselenggarakan oleh PPPA Daarul Qur’an. Pernak-pernik yang menghiasi acara ini pun dari tahun ke tahun selalu hangat untuk diperbincangkan.

Seperti yang diutarakan oleh Ketua Yayasan Daarul Qur'an Nusantara, Ustad M. Anwar Sani, saat pelaksanaan Wisuda Akbar 7 (WA7) di Masjid Istiqlal Jakarta, Ahad, (29/5). Ia munuturkan, "jika pelaksanaan WA7 yang sebelumnya hanyalah terpusat di Jakarta. Alhamdulillah, semakin tahun, semakin banyak daerah yang dapat melaksanakan Wisuda Akbar".

InsyaAllah, ke depannya Wisuda Akbar Indonesia Menghafal akan terselenggara di 34 propinsi di seluruh Indonesia. Dan, beberbagai negara di luar negeri. 

Selama ini perkembangan Wisuda Akbar Indonesia Menghafal digelar di Jakarta, Semarang, dan kemudian di Jakarta lagi. Lalu, pada tahun 2015, Alhamdulillah, PPPA Daarul Qur'an laksanakan di lima titik, dan yang terakhir di tahun 2016, Syiar Islam lebih menyebar, dimana WA7 berlangsung serentak di 20 provinsi dan 2 Kota. Artinya, diselenggarakan di 22 titik di seluruh Indonesia.

Nah, tahun ini Wisuda Akbar Indonesia Menghafal akan jatuh pada tanggal 22 Oktober 2017 dan akan diselenggarakan diseluruh provinsi di Indonesia. Harapannya dengan diselenggarakan secara serentak diseluruh provinsi, akan memperluas gerakan tahfidzul Qur’an di Indonesia.

Perluasan penyelenggaraan Wisuda Akbar Indonesia Menghafal ini juga dimaksudkan agar bagi mereka yang belum menghafal, semoga dengan adanya acara ini nanti akan termotivasi untuk menghafal, sehingga Indonesia semakin berkah dengan Al Qur'an. Amiinn

Wisuda Tahfizh di Pulau Madura

 

PPPA Daarul Qur’an Surabaya menggelar Wisuda Tahfizh Juz 30 di Rumah Tahfizh Ar Rahman, Sampang, Madura, Jawa Timur, Jumat (28/7).  Penyerahan Tanah Waqaf untuk rumah tahfizh juga dilaksanakan dalam acara yang berlokasi di Jalan Kramat Agung No 1.

Alhamdulillah, 32 santri Rumah tahfizh Ar Rahman kini telah menjadi hafizh Qur’an. Meskipun, rumah tahfizh ini baru didirikan dua bulan lalu. Geliat tahfizh pun sangat terasa di lingkungan sekitar.

Saat diresmikan, 55 santri lansgung mendaftar. Seiring berjalannya waktu, satu persatu walisantri pun mendaftarkan putra putrinya. Kini, Rumah Tahfizh Ar Rahman sudah menampung 80 santri dan walisantri masih berduyun untuk mendaftarkan putra putrinya.

Rumah tahfizh ini diasuh delapan assatizh yang mumpuni dibidangnya. "Dengan doa walisantri, semoga Rumah Tahfizh Ar Rohman semakin bermanfaat bagi warga sekitar,” ujar Tedy, Pembina Rumah Tahfizh Ar Rahman, dalam sambutannya.

Begitu pula doa yang sama disampaikan Insriani Widawati selaku muwaqif tanah untuk Rumah Tahfizh Ar Rahman. "Saya senang dengan kegiatan belajar mengaji usia anak-anak, apalagi ini program menghafal Alqur’an, saya lebih senang lagi,” tuturnya.

Kepala Cabang PPPA Daarul Qur'an Surabaya Nahar mengapresiasi gerakan dakwah penghafal Alqur’an konsep rumah tahfizh di Sampang. “Pak Tedi dan kawan-kawan sangat semangat dalam pergerakan dakwah Alqur’an. Gerakan dakwah ini harus di dukung semua pihak, mulai dari pengurus, pengajar, wali santri, serta lingkungan dan unsur pemerintah atau perangkat desa,” ucapnya.

Gelaran Wisuda Tahfizh juz 30 ini juga dihadiri asisten Bupati Sampang, Kepala Desa dan sejumlah perangkat desa lainnya. Semoga dengan hadirnya rumah tahfizh di Sampang dapat memberi manfaat besar bagi masyarakat sekitar. Mudah-mudahan semakin banyak lagi rumah tahfizh yang berdiri di Kabupaten Sampang. Sesuai dengan target dakwah Rumah Tahfizh Center (RTC) mendirikan rumah tahfizh di setiap tikungan dan belokan pada 2019. Aamiin Allahuma Aamiin.

Rp. 100.000

Hamba Allah
11 August 17


Rp. 120.000

Hamba Allah
04 August 17


Rp. 50.000

kakamien
01 August 17


Rp. 150.000

Irfan F
31 July 17


Rp. 1.000.000

SUBERDI. Z
30 July 17

Mohon doanya hajat kami suami istri : SUBERDI. Z dan SITI SANIAH diberi kelancaran Alloh SWT utk menunaikan Ibadah HAJI di Th. 2018, Aamiin. Selanjutnys mohon doanya juga supaya dapat kesembuhan yg segedari Alloh akan penyakit Diabetes dan benjolan tumor sebesar telur bebek di bawah lutut kanan saya Suberdi. Z


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE