Senyum untuk Mustahik

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Mustahik adalah orang yang berhak menerima zakat, baik zakat mal atau fitrah, ada beberapa golongan yang berhak menerima zakat

36.92%
Rp. 18.457.564
61
13 Hari lagi
SHARE

 

Setitik Harapan dari Gerobak Baru

Siang itu (2/4), awan gelap menyelimuti Ibu Kota. Pria renta berbaju koko cream tampak tengah melayani setiap orang yang datang menghampirinya. Lelaki paruh baya itu bernama Gunadi (50), penjual Siomai keliling di kawasan ITC Fatmawati, Jakarta Selatan.

Gunadi memulai usahanya sejak 20 tahun lalu. Setelah sempat mencoba beberapa profesi, akhirnya ia memilih berjualan Siomai sampai saat ini. Tak kenal waktu, Gunadi menjajakan dagangannya sejak pukul 12.00 hingga selepas Isya’ sekitar jam 20.00 WIB.


(Dokumentasi : Bapak Gunadi penerima manfaat senyum mustahik yang sudah menjadi muzaki)

Usaha Gunadi dan istri yang bekerja sebagai buruh cuci ternyata belum mampu mencukupi kebutuhan keluarga. Maklum, setiap tahunnya pedagang Siomai di tempat Gunadi berjualan semakin bertambah. Penghasilannya pun kini berkurang lantaran banyaknya saingan.

Gerobak yang digunakannya untuk berjualan setiap hari juga sudah tua di makan usia. Belum lagi derasnya hujan dan panasnya matahari membuat alat yang menjadi sumber utama mata pencahariannya itu semakin rapuh. “Tapi kami tetap bersyukur dengan apa yang Allah berikan sampai saat ini,” ujar Gunadi sembari mengusap keriput di kerutan wajahnya.

Rasa syukur Gunadi membawanya dalam keberkahan. Ia mendapat bantuan langsung dari program senyum mustahik PPPA Daarul Qur’an. Gerobak rapuhnya itu kini sudah kembali kokoh dan menarik dipandang mata.

Gunadi juga mendapat tambahan modal berjualan Siomai dengan syarat peningkatan kualitas ibadah. “Alhamdulillah, terima kasih ya Allah saya sangat bersyukur. Semoga dengan bantuan ini usaha saya bisa lebih maju dan sukses, Aamiin,” harapnya dalam doa.


(Dokumentasi : Bapak Gunadi penerima manfaat senyum mustahik yang sudah menjadi muzaki)

Program Senyum Mustahik PPPA Daarul Qur’an kini tak hanya memberikan bantuan finansial saja tapi juga Senyum Pembedayaan seperti yang diterima Gunadi. Harapannya dengan diberikan modal usaha, para mustahik dapat mandiri dan tak lagi mengandalkan bantuan dari lembaga-lembaga sosial.

Sehingga ke depannya kualitas hidup mereka pun setiap harinya semakin meningkat. Bukan hanya semangat hidup untuk bekerja tapi juga ibadah. Karena PPPA Daarul Qur’an selalu menerapkan Daqu Method kepada setiap mustahik yang dibantu.

Mustahik adalah orang yang berhak menerima zakat, baik zakat mal atau fitrah, ada beberapa golongan yang berhak menerima zakat merujuk pada QS. At-Taubah 60, yakni:

  • Fakir adalah orang yang tidak memiliki harta benda dan pekerjaan yang mampu mencukupi kebutuhan sehari-harinya.
  • Miskin adalah orang yang memiliki pekerjaan tetapi penghasilannya tidak mencukupi kebutuhan hidupnya.
  • Muallaf adalah orang yang baru masuk Islam, diberi zakat agar semakin kuat dalam memasuki Islam.
  • Hamba sahaya adalah hamba muslim yang membuat perjanjian dengan tuannya untuk dimerdekakan dan tidak memiliki uang untuk membayar tebusan atas diri mereka meski telah bekerja keras.
  • Gharimin (yang memiliki hutang) adalah orang yang berhutang baik untuk pribadi maupun masyarakat dengan syarat: hutang bukan untuk maksiat, amat banyak, jatuh tempo, dan orang tersebut tidak memiliki kemampuan untuk mengembalikan hutangnya.
  • Musafir (Ibnu Sabil) adalah Muslim yang kehabisan bekal dalam perjalanan.
  • Fisabilillah adalah Muslim yang berjuang di jalan Allah SWT. yang memerlukan sokongan dana untuk aktivitas dakwah.


Untuk Mendukung Program ini Caranya :
1. Klik tombol "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih "NOMINAL" dengan klik "Panah Bawah" dan Sertakan Doa.
3. Isi form yang sudah tersedia dengan benar
4. Pilih metode pembayaran (Transfer Bank BCA, BRI, Mandiri, BNI Syariah dan BNI Virtual Account) dan jika sudah login bisa menikmati fasilitas "Komitmen Sedekah"
5. Transfer sesuai dengan kode unik yang terdapat di invoice yang sudah dikirim melalui email atau sms.

6. Jika menggunakan metode pembayaran BNI Virtual Account diharapkan sesuai dengan total biaya yang sudah ditambahkan dengan biaya admin bank.
7. Dapatkan update laporan program via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda.
(**Jika Anda mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan chat kepada kami dengan klik "Tombol Bantuan")

Rp. 0

Dewi eka
04 July 18


Rp. 0

Melly El Habibie
04 July 18

Semoga segera dibukakan pintu rejeki agar mendapatkan pekerjaan, jika dia jodohku mohon dekatkanlah kami dengan cara yg baik, jika bukan mohon jadikanlah kami teman biasa dan hilangkanlah perasaan ini aamiin


Rp. 100.000

Hamba Allah
19 July 18

Semoga Allah memberikan rizki,keturunan yg soleh solehah,amal ibadah yg diterima,diampuni dosa2 kita semuanya..Aamiin Ya Rabb


Rp. 100.809

Fadillah astri
18 July 18

Ini adalah zakat penghasilan saya, mohon doa semoga saya segera diberikan keturunan yg soleh dan soleha, sehat jasmani dan rohaninya.


Rp. 3.001.472

Hamba Allah
18 July 18

Bismillahirrohmanirrohim Ya Alloh hamba berniat memberi zakat atas rezeki yang hamba terima dari Mu. Dan hamba berniat untuk membayar semua hutang hamba dan hilangkanlah dosa2 riba dan semua dosa hamba dan keluarga hamba. Amiin


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE