Senyum untuk Mustahik

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Mustahik adalah orang yang berhak menerima zakat, baik zakat mal atau fitrah, ada beberapa golongan yang berhak menerima zakat

26.57%
Rp. 13.284.962
19
8 Hari lagi
SHARE

 

Siang itu, Jumat (27/7) Olifatun Hasanah (14) tengah duduk di ruang tamu kontrakan sambil memegang audio Qur’an kesayangannya. Saat tau tim PPPA Daarul Qur’an datang, Olif sapaan akrabnya langsung menyambut dan mengatakan “Olif udah hafal An Naba,” ucapnya yang sontak membuat tim PPPA kagum.


Sumber : Dokumentasi PPPA Daarul Qur'an saat memberikan bantuan kepada olif salah satu penerima manfaat program senyum mustahik

Olif kata Sang Nenek Ida, semakin sering mendengarkan audio Qur’an. Cita-cita menghafal 30 juz yang membuatnya semangat menghafal Al Qur’an. Dipandu Ustazah Eva yang merupakan santri khidmat Daarul Qur’an, Olif terus menyetorkan hafalannya. Kini Olif juga sudah menghafal Surat An Naziat, Subhanallah.

Olif memang memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan anak-anak normal, namun cintanya terhadap Alqur’an sangat besar. Meski tak dapat melihat, Allah memberikan pendengaran yang baik dan cahaya di hatinya untuk dengan mudah menghafal ayat-ayat suci Al Qur’an.

“Olif pengen jadi orang pinter sedunia dan mau ngafal Qur’an,” begitulah kalimat yang selalu terulang saat tim PPPA Daarul Qur’an kembali menyambangi kediaman Olif yang tinggal bersama Ida di daerah Ketapang, Tangerang, Banten, Senin (13/8).

Alhamdulillah, Olif yang hampir 14 tahun lumpuh kini sudah semakin lancar berjalan. Donasi yang terkumpul telah digunakan untuk membiayai terapi Olif, sebagian lagi akan digunakan untuk tabungan pendidikan Olif dan modal usaha Sang Nenek Ida yang sehari-hari bekerja sebagai buruh cuci.

Mustahik adalah orang yang berhak menerima zakat, baik zakat mal atau fitrah, ada beberapa golongan yang berhak menerima zakat merujuk pada QS. At-Taubah 60, yakni:

  • Fakir adalah orang yang tidak memiliki harta benda dan pekerjaan yang mampu mencukupi kebutuhan sehari-harinya.
  • Miskin adalah orang yang memiliki pekerjaan tetapi penghasilannya tidak mencukupi kebutuhan hidupnya.
  • Muallaf adalah orang yang baru masuk Islam, diberi zakat agar semakin kuat dalam memasuki Islam.
  • Hamba sahaya adalah hamba muslim yang membuat perjanjian dengan tuannya untuk dimerdekakan dan tidak memiliki uang untuk membayar tebusan atas diri mereka meski telah bekerja keras.
  • Gharimin (yang memiliki hutang) adalah orang yang berhutang baik untuk pribadi maupun masyarakat dengan syarat: hutang bukan untuk maksiat, amat banyak, jatuh tempo, dan orang tersebut tidak memiliki kemampuan untuk mengembalikan hutangnya.
  • Musafir (Ibnu Sabil) adalah Muslim yang kehabisan bekal dalam perjalanan.
  • Fisabilillah adalah Muslim yang berjuang di jalan Allah SWT. yang memerlukan sokongan dana untuk aktivitas dakwah.

Untuk Mendukung Program ini Caranya :
1. Klik tombol "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih "NOMINAL" dengan klik "Panah Bawah" dan Sertakan Doa.
3. Isi form yang sudah tersedia dengan benar
4. Pilih metode pembayaran (Transfer Bank BCA, BRI, Mandiri, BNI Syariah dan BNI Virtual Account) dan jika sudah login bisa menikmati fasilitas "Komitmen Sedekah"
5. Transfer sesuai dengan kode unik yang terdapat di invoice yang sudah dikirim melalui email atau sms.

6. Jika menggunakan metode pembayaran BNI Virtual Account diharapkan sesuai dengan total biaya yang sudah ditambahkan dengan biaya admin bank.
7. Dapatkan update laporan program via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda.
(**Jika Anda mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan chat kepada kami dengan klik "Tombol Bantuan")

20.000

Hamba Allah
21 September 18


100.000

Hamba Allah
21 September 18

Semoga Berkah dan Bermanfaat...Aamiin


100.000

Hamba Allah
18 September 18

Semoga jadi anak soleha penghapal quran nak Allah mencintaimu


2.000.000

Aji Marthadian Puspita Dewi
16 September 18


500.000

Hamba Allah
14 September 18


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE