Sedekah Air untuk Wilayah Kekeringan

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Selama ini warga memenuhi kebutuhan air bersih dengan cara pipanisasi, mengalirkan mata air dari jarak berpuluh-puluh kilometer menuju bak penampungan

12.67%
Rp. 37.995.007
211
0 hari Lagi
SHARE

 

(Update) Kekeringan Meluas, Bantuan Air Bersih Terus Digulirkan

 

Kekeringan akibat musim kemarau terus meluas di sejumlah daerah. Bantuan air bersih dibutuhkan masyarakat untuk pertanian, peternakan dan kebutuhan sehari-hari lainnya seperti minum, mencuci, mandi dan lainnya. Salah satu daerah yang terdampak adalah wilayah kabupaten Bandung  tepatnya di kampung Ci Garogol desa Sukanagara, Kecamatan Soreang, Jawa Barat.

Sudah 60 hari lebih hujan tidak turun di daerah ini. Selama ini warga memenuhi kebutuhan air bersih dengan cara pipanisasi, mengalirkan mata air dari jarak berpuluh-puluh kilometer menuju bak penampungan. Kemudian dialirkan kembali kepada setiap warga menuju bak dirumahnya masing-masing. Namun hal tersebut tidak bisa dilakukan dalam kondisi kekeringan saat ini, sebagian mata air andalan warga mengering meninggalkan satu mata air tersisa itu pun dengan debit air yang terbatas.

Proses menuju mata air tersebut pun cukup sulit, jarak yang harus di tempuh warga berjarak kurang lebih 1 kilometer, mata air ini tidak bisa diambil airnya sembarang waktu, mereka mengambilnya pada tengah malam melewati jalan setapak yang di selimuti rimbunnya pepohonan sehingga nampak seperti berjalan di dalam hutan.

Melihat kondisi tersebut PPPA Daarul Qur’an Bandung mengirim 2 truk tangki air yang masing-masing berisi 5000 liter air bersih. Kedatangan truk-truk berisi air bersih ini langsung disambut dengan puluhan jerigen berkapasitas besar berjejer antri di parit jalan menunggu kucuran air secara bergiliran. Tidak hanya itu para ibu-ibu tampak  sibuk mencari wadah-wadah penampungan yang sebenarnya wadah tersebut sebelumnya tidak pernah digunakan untuk menampung air, ini menunjukan bahwa perjuangan untuk mendapatkan air.

“Kami sangat terbantu dengan sedekah air ini, terima kasih kepada PPPA Daarul Quran yang telah ikhlas membantu warga sekitar yang ada di wilayah kami. Semoga kegiatan menebar manfaat ini menjadi berkah” ujar Bapak Hendar selaku warga RW 8 Kampung Cigarogol.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sendiri memprediksi kekeringan yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia akan berlangsung hingga Oktober 2017, dimana sebanyak 3,9 juta jiwa masyarakat terdampak dan memerlukan bantuan air bersih.

Melalui program #SedekahAir PPPA Daarul Qur’an terus membantu wilayah yang mengalami kekeringan di sejumlah daerah seperti di Yogyakarta, Bogor, Surabaya, Malang dan Makassar.

Mari bersama kita cukupi kebutuhan air bersih saudara-saudara kita di wilayah kekeringan melalui program #sedekahair PPPA Daarul Qur’an

Cara Bersedekah :
1. Klik "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih Menu Nominal dengan klik tanda panah bawah
3. Sertakan Doa untuk diri Anda ataupun Program yang sedang berlangsung
4. Isi kolom yang sudah disediakan

5. Pilih metode pembayaran Bank BCA/BRI/Mandiri/BNI Syariah atau Dompet sedekah jika sudah melakukan Login
6. Dapatkan laporan via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda

(Update 1) Sedekah Air untuk Masyarakat Gunung Kidul

Ribuan warga dan 7 masjid terancam kekeringan di Gunung Kidul. Mari bantu mereka lewat program #sedekahair 
Enam bulan sudah hujan tidak turun di Desa Nglegi, Kecamatan Patuk dan Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Akibatnya debit air semakin menipis dalam dua bulan terakhir. Satu desa dengan  ribuan warga dan 7 masjid terancam kekeringan. 

Desa Nglegi berada di lereng Gunung Berapi Purba yang tandus dan kering. Mata bor tidak mampu menembus bebatuan andesit yang keras. Mata air yang tersedia sudah mulai mengering. Hal serupa terjadi di Kampung Gedangsari yang merupakan kampung marjinal di perbukitan Watu Gajah. Setidaknya sekitar 50.000 liter air dibutuhkan warga untuk kebutuhan primer setiap minggunya. 

Mari bantu masyarakat Muslim di Gunung Kidul dan wilayah rawan kekeringan lainnya untuk terus beribadah dengan sempurna melalui Program #sedekahair PPPA Daarul Qur’an.

 

(Update 2) Air Bersih untuk Desa Cariu

Tim Siaga Bencana (SIGAB) PPPA Daarul Qur’an mendistribusikan air bersih untuk warga Kampung Tegal Salam, Desa Cariu, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/8). Dampak musim kemarau memang sudah hampir beberapa bulan ini mulai dirasakan warga Cariu, Jonggol. Taman Sari dan sekitarnya.

Ketua RT 12, Kecamatan Cariu, Ujang mengatakan, selama kemarau ini warga hanya mengandalkan sumur-sumur yang dibuat di pinggir sawah yang hanya dapat satu jerigen ukuran 20 liter di pagi atau malam hari. Ia mengungkapkan kekeringan ini mengakibatkan kerugian bagi ratusan warganya yang sebagian besar petani.

“Kali ini masa panen gagal karena tidak adanya aliran air yang cukup. Sehingga, sejak dua bulan lalu semua warga yang sumurnya kering tanpa tersisa, terpaksa harus mencari air ke sumur lainnya atau ke sungai yang jaraknya hingga ratusan meter,” ujarnya.

Untuk membantu meringankan beban warga Desa Cariu, PPPA Daarul Quran mengirimkan 34.000 liter air ke kecamatan tersebut. Program sedekah air masuk dalam SIGAB yang merupakan program sosial kemanusiaan untuk aksi paskabencana di wilayah terdampak baik bencana alam, sosial, dan kejadian luar biasa.

"Semoga program sedekah air bisa bermanfaat untuk masyarakat Desa Cariu. Terima kasih kepada seluruh donatur yang telah mendukung program ini. Kami akan terus berupaya membantu desa-desa lain yang mengalami kekeringan,” tutur Koordinator SIGAB PPPA Daaarul Qur’an, Didi Kurniawan.

 

(Update 3) Air “Basahi” Dusun Nglegi

Sebanyak 2 truk tanki air dengan kapasitas 10.000 liter yang berasal dari donasi lewat program #SedekahAir menjadi pelepas dahaga masyarakat di Dusun Nglegi, Gunung Kidul, Yogyakarta. Setelah dua bulan mengalami kekeringan yang mengancam “perayaan” Idul Adha, kiriman air ini menjadi sangat berarti. 

“Praktis dua bulan ini masjid sepi jamaah. Tidak ada air untuk digunakan warga bersuci.” ujar Riswanto, salah satu warga. 

Kini, untuk sementara, bak penampungan di tiga masjid di lokasi gunung purba Pathuk, Gunung Kidul sudah penuh dengan air bersih. Masjid mulai basah, jamaah mulai ramai. Idul Adha pun dijalani warga dengan senyum sumringah. 

“Terima kasih atas bantuan air untuk desa kami. Semoga donatur selalu diberikan kemudahan rejeki dan keberkahan” ujar Riswanto. 

Hingga saat ini kami masih terus ikhtiar menyalurkan #SedekahAir bagi beberapda daerah yang masih mengalami kriris air bersih saat musim kemarau saat ini seperti di Jasinga dan Desa Cariu, Bogor, Jawa Barat, Gunung Kidul, Yogyakarta dan wilayah lainnya.

 

(Update 4) Sedekah Air Sampai ke Pelosok Bondowoso

PPPA Daarul Qur’an Malang kembali mendsitribusikan air ke sejumlah daerah di Jawa Timur yang mengalami krisis air bersih, Senin (11/9). Kali ini tim Siaga Bencana (SIGAB) sampai ke pelosok Kabupaten Bondowoso. Desa Botolinggo menjadi target pendistribusian air.

Tim SIGAB pun prihatin saat melakukan survei lokasi di desa yang tengah mengalami kekeringan itu. Tanah-tanag tampak tandus, tak ada pepohonan dan tanaman yang hidup. “Banyak kesulitan yang ditemui tim saat menuju lokasi. Di samping kiri dan kanan hanya tebing-tebing tinggi dan sempit, belum lagi jalan yang berbatu dan berdebu,” ujar Kepala Cabang PPPA Daarul Qur’an, Ivan Mahendra.

Bersama Yazid pemuda Desa Botolinggo, tim SIGAB juga melihat langsung sumber air yang diberi nama “sumber tangga”, karena akses jalan berupa tangga-tangga yang terbuat dari batu. Sumber air ini merupakan satu-satunya andalan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Masak, minum, mandi, mencuci baju, semuanya dilakukan di sumber air yang hanya berupa rembesan kecil tersebut,” tutur Yazid.

Untuk mendapatkan air dari “sumber tangga” kata Yazid, warga harus bergantian mulai pukul 02.00 WIB dini hari. Akses jalan yang curam dan terlalu jauh membuat mereka hanya bisa membawa pulang satu ember kecil ke rumah masing-masing. “Warga biasanya jalan kaki dan hanya menggunakan senter. Kira-kira untuk sampai di sumber air ini mereka harus menempuh jarak 8 km,” ucapnya.

Hal senada juga dirasakan warga di Dusun Inggil. Hanya ada satu sumur kecil yang dimanfaatkan untuk kebutuhan air seluruh warga. Mereka harus berkendara sepeda motor sejauh 3 km untuk mengambil air. “Bapak-bapak yang bekerja di luar dusun, tak pernah lupa membawa jerigen saat berangkat kerja, sehingga saat kembali pulang ke rumah sudah membawa persediaan air bersih,” ujar Yazid.

Usai melakukan survei, tim SIGAB dari PPPA Daarul Qur'an Malang menyedikan 10.000 liter air bersih untuk desa-desa tersebut. Tempat pendistribusian air dilakukan di Masjid Nurus Syakur. Alhamdulillah, sekitar 120 KK di Dusun Inggil dan Cemper mendapatkan air bersih yang cukup. Sisa air pun digunakan untuk kebutuhan bersuci jemaah masjid. Mengingat, hajatan Khotmil Qur’an digelar setiap bulannya.

“Terima kasih kepada tim SIGAB dari PPPA Daarul Qur’an Malang dan para donatur yang telah membantu sedekah air bersih untuk Dusun Inggil dan Dusun Camper. Alhamdulillah, sangat bermanfaat untuk kebutuhan hidup warga,” kata Ketua RT Dusun Camper, Suwarno.

Ikhtiar sedekar air bersih PPPA Daarul Qur’an bersama jemaah telah dirasakan warga di Dusun Inggil dan Dusun Camper, Kabupaten Bondowoso. Semoga ke depan, lebih banyak bantuan sedekah air bersih untuk warga di pelosok nusantara yang tengah mengalami kekeringan. Aamiin.

Rp. 500.000

Hamba Allah Binti nizar ahmad
01 October 17

Mohon doa agar aku bisa tidur nyenyak di setiap tidur ku tanpa bantuan obat dokter (sembuh dari gangguan tidur/imsomnia di sisa usia ku, jangan pernah insomnia lagi), menjadi usia yg berkah. Allah jadikan Anak2 ku menjadi anak yg sholih-sholihah, hafal qur'an, keluarga ku menjadi keluarga yg sakinah mawaddah wa rahmah dan Allah kumpulkan kita di jannah-Nya. Aamiin


Rp. 50.000

Nanang Harijanto bin Satoto
29 September 17

Ya Allah, berikan Nanang Harijanto bin Satoto, kesehatan, hilangkanlah segala penyakit yang ada di tubuhnya, luaskanlah Rezeqi yang Baroqah dan permudahkanlah segala urusan di Duniawi untuk bekal Ibadah di Akherat. Limpahkanlah Rahmat dan Hidayah untuk ke Dua Orang tuaku, istri dan anak anaku, Muliakanlah kami dan angkatlah Derajat kami, kabulkanlah permohonan kami, Aamiin Yaa Robbal Allamin.


Rp. 210.007

Rasti Hartini
29 September 17

Semoga Allah senantiasa sll merahmati program sedekah Daarul Qur'an.. Tlg d Doakan jg ya ustadz agar rmh tga sy sll Allah jaga keutuhannya n diberi keberkahan, bantu doa agar Allah bukakan pintu hidayah kepada suami sy, agar jd suami yg sholeh, amanah, diperbaiki akhlaqnya, ditunjuki jln yg lurus n bs istiqomah..Aamiin..


Rp. 50.000

Hamba Allah
27 September 17

Bismillah, Semoga segera dimudahkan untuk kebutuhan air bersih di daerah kekeringan tersebut. Aamiin


Rp. 150.000

Hamba Allah
27 September 17

Semoga segala kebaikan selalu terlimpahkan kepada mbk ruroh, mbk cici, mbk irma, Bu nanik, bu sulis, mbk Han, mbk Lailil, mbk farida, mbk anggi, mbk Ovi, mbk Lika, mbk mimin, mbk dewi, mbk handri, dan hajat mereka bisa tercapai. Aamiin.


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE