Sedekah Air untuk Wilayah Kekeringan

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Ribuan warga dan 7 masjid terancam kekeringan di Gunung Kidul serta wilayah rawan kekeringan lainnya. Mari bantu mereka melalui program #sedekahair

11.8%
Rp. 35.385.000
195
12 hari Lagi
SHARE

 

Musim Kemarau 2017, Sejumlah Daerah Mulai Kekeringan 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprediksi musim kemarau tahun 2017 akan dimulai pada bulan Mei, Juni dan Juli. Meski menilai musim kemarau tahun ini normal ketimbang tahun 2015 dan 2016 namun ancaman kekeringan harus terus diwaspadai di beberapa wilayah. 

Hary Tirto Djatmiko, Kabag Humas BMKG, menyatakan sejumlah daerah di Indonesia mengalami penurunan cadangan air yang akan berdampak kekeringan. BMKG mencatat sejuah ini potensi kekeringan akan terjadi di wilayah Jawa Tengah, Yogyarakarta dan Indonesia bagian timur, wilayah ini akan mengalami defisit air saat puncak musim kemarau pada bulan Juli, Agustus dan September. 

Seperti yang terjadi di Desa Nglegi, Kecamatan Patuk dan Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Sejak dua bulan terakhir debit air semakin menipis dari sumur-sumur warga. Akibatnya ribuan warga dan 7 masjid terancam kekeringan. Hal serupa terjadi di Desa Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kekeringan mengancam hasil panen para petani. 

Maka untuk membantu warga terdampak kekeringan di sejumlah wilayah Indonesia, PPPA Daarul Qur’an menggulirkan program #SedekahAir. Lewat penyaluran air bersih ke daerah terdampak kekeringan diharapkan akan memenuhi kebutuhan air bersih untuk manusia, areal persawahan dan hewan ternak. 

Mari bersama kita cukupi kebutuhan air bersih saudara-saudara kita di wilayah kekeringan melalui program #sedekahair PPPA Daarul Qur’an

Cara Bersedekah :
1. Klik "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih Menu Nominal dengan klik tanda panah
3. Sertakan Doa untuk diri Anda ataupun Program yang sedang berlangsung
4. Isi kolom yang sudah disediakan

5. Pilih metode pembayaran Bank BCA/BRI/Mandiri/BNI Syariah atau Dompet sedekah jika sudah melakukan Login
6. Dapatkan laporan via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda

(Update 1) Sedekah Air untuk Masyarakat Gunung Kidul

Ribuan warga dan 7 masjid terancam kekeringan di Gunung Kidul. Mari bantu mereka lewat program #sedekahair 
Enam bulan sudah hujan tidak turun di Desa Nglegi, Kecamatan Patuk dan Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Akibatnya debit air semakin menipis dalam dua bulan terakhir. Satu desa dengan  ribuan warga dan 7 masjid terancam kekeringan. 

Desa Nglegi berada di lereng Gunung Berapi Purba yang tandus dan kering. Mata bor tidak mampu menembus bebatuan andesit yang keras. Mata air yang tersedia sudah mulai mengering. Hal serupa terjadi di Kampung Gedangsari yang merupakan kampung marjinal di perbukitan Watu Gajah. Setidaknya sekitar 50.000 liter air dibutuhkan warga untuk kebutuhan primer setiap minggunya. 

Mari bantu masyarakat Muslim di Gunung Kidul dan wilayah rawan kekeringan lainnya untuk terus beribadah dengan sempurna melalui Program #sedekahair PPPA Daarul Qur’an.

 

(Update 2) Air Bersih untuk Desa Cariu

Tim Siaga Bencana (SIGAB) PPPA Daarul Qur’an mendistribusikan air bersih untuk warga Kampung Tegal Salam, Desa Cariu, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/8). Dampak musim kemarau memang sudah hampir beberapa bulan ini mulai dirasakan warga Cariu, Jonggol. Taman Sari dan sekitarnya.

Ketua RT 12, Kecamatan Cariu, Ujang mengatakan, selama kemarau ini warga hanya mengandalkan sumur-sumur yang dibuat di pinggir sawah yang hanya dapat satu jerigen ukuran 20 liter di pagi atau malam hari. Ia mengungkapkan kekeringan ini mengakibatkan kerugian bagi ratusan warganya yang sebagian besar petani.

“Kali ini masa panen gagal karena tidak adanya aliran air yang cukup. Sehingga, sejak dua bulan lalu semua warga yang sumurnya kering tanpa tersisa, terpaksa harus mencari air ke sumur lainnya atau ke sungai yang jaraknya hingga ratusan meter,” ujarnya.

Untuk membantu meringankan beban warga Desa Cariu, PPPA Daarul Quran mengirimkan 34.000 liter air ke kecamatan tersebut. Program sedekah air masuk dalam SIGAB yang merupakan program sosial kemanusiaan untuk aksi paskabencana di wilayah terdampak baik bencana alam, sosial, dan kejadian luar biasa.

"Semoga program sedekah air bisa bermanfaat untuk masyarakat Desa Cariu. Terima kasih kepada seluruh donatur yang telah mendukung program ini. Kami akan terus berupaya membantu desa-desa lain yang mengalami kekeringan,” tutur Koordinator SIGAB PPPA Daaarul Qur’an, Didi Kurniawan.

 

(Update 3) Air “Basahi” Dusun Nglegi

Sebanyak 2 truk tanki air dengan kapasitas 10.000 liter yang berasal dari donasi lewat program #SedekahAir menjadi pelepas dahaga masyarakat di Dusun Nglegi, Gunung Kidul, Yogyakarta. Setelah dua bulan mengalami kekeringan yang mengancam “perayaan” Idul Adha, kiriman air ini menjadi sangat berarti. 

“Praktis dua bulan ini masjid sepi jamaah. Tidak ada air untuk digunakan warga bersuci.” ujar Riswanto, salah satu warga. 

Kini, untuk sementara, bak penampungan di tiga masjid di lokasi gunung purba Pathuk, Gunung Kidul sudah penuh dengan air bersih. Masjid mulai basah, jamaah mulai ramai. Idul Adha pun dijalani warga dengan senyum sumringah. 

“Terima kasih atas bantuan air untuk desa kami. Semoga donatur selalu diberikan kemudahan rejeki dan keberkahan” ujar Riswanto. 

Hingga saat ini kami masih terus ikhtiar menyalurkan #SedekahAir bagi beberapda daerah yang masih mengalami kriris air bersih saat musim kemarau saat ini seperti di Jasinga dan Desa Cariu, Bogor, Jawa Barat, Gunung Kidul, Yogyakarta dan wilayah lainnya.

Rp. 50.000

Jumiati
19 September 17

Semoga kekeringan segera berakhir


Rp. 100.000

Hamba Allah
18 September 17


Rp. 100.000

Hamba Allah
18 September 17


Rp. 50.000

Hamba Allah
17 September 17

Semoga Allah memberikan pahala Dan ampunan kepada mereka yg sedang diberi cobaan.


Rp. 50.000

Hamba Allah
15 September 17


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE