Rumah Qur’an Untuk Palu dan Donggala

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Gempa dan tsunami yang menghantam Teluk Palu mengakibatkan Ribuan orang hilang dan meninggal. Para korban juga kehilangan tempat tinggal mereka

OPEN GOAL
Rp. 4.766.373
35
SHARE

 

Gempa bumi 7,4 SR yang melanda Palu, Sigi, Donggala dan Parigi (Sulawesi Tengah) pada 28 September 2018 silam masih menyisakan duka. Kita diperlihatkan bagaimana Petobo, Balaroa, Jono Oge dan Sibalaya tenggelam. Pun tsunami yang menghantam Teluk Palu mengakibatkan Ribuan orang hilang dan meninggal. Para korban juga kehilangan tempat tinggal karena tanah bergeser dan likuifaksi menelan rumah-rumah mereka.

PPPA Daarul Qur’an menerjunkan tim Siaga Bencana (SIGAB) melalui jalur Makassar-Mamuju-Polewali Mandar-Palu untuk membantu evakuasi, distribusi logistik, pembuatan shelter darurat dan gerilya layanan medis. Tiga pekan lebih bergerak di fase tanggap darurat, PPPA mencoba menawarkan konsep Integrated Tahfizh Shelter (ITS) sebagai solusi bagi warga yang kehilangan rumah akibat likuifaksi, terutama di Kelurahan Petobo, Palu Selatan.

Namun, setelah melakukan pendalaman, tim memutuskan untuk mencari alternatif program selain shelter. PPPA Daarul Qur’an kemudian beralih ke program Rumah Qur’an dengan konsep Recycle House sebagai pengganti shelter untuk memenuhi kebutuhan dasar rumah layak huni. Rumah ini dibangun dengan sistem daur ulang menggunakan bagian puing-puing reruntuhan rumah yang bisa dipakai dikombinasi dengan material bahan baru (75% material baru dan 25% material bekas rumah). Pembangunan dilakukan secara partisipatif oleh masyarakat melalui gotong royong.

Konsep hunian ini diharapkan bisa mengembalikan marwah keluarga yang kehilangan tempat tinggal mereka pascagempa 2018 silam. Lalu, sebagai tindak lanjut dari konsep hunian ini, PPPA Daarul Qur’an akan membangun Kampung Qur’an, sebuah kawasan pengembangan masyarakat berbasis tahfizul Qur’an pasca bencana.

Untuk mewujudkan Rumah Qur’an bagi warga Palu dan Donggala, kami mengajak masyarakat untuk berdonasi melalui SedekahOnline.com. Semoga donasi yang Anda keluarkan menjadi penggugur dosa-dosa dan menjadi pemberat timbangan kebaikan Anda. Aamiin.

Untuk Mendukung Program Rumah Qur’an Untuk Masyarakat Palu dan Donggala Caranya :

1. Klik tombol "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih "NOMINAL" dengan klik "Panah Bawah" dan Sertakan Doa.
3. Isi form yang sudah tersedia dengan benar
4. Pilih metode pembayaran (Transfer Bank BCA, BRI, Mandiri, BNI Syariah dan BNI Virtual Account) dan jika sudah login bisa menikmati fasilitas "Komitmen Sedekah"
5. Transfer sesuai dengan kode unik yang terdapat di invoice yang sudah dikirim melalui email atau sms.

6. Jika menggunakan metode pembayaran BNI Virtual Account diharapkan sesuai dengan total biaya yang sudah ditambahkan dengan biaya admin bank.
7. Dapatkan update laporan program via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda.

(**Jika Anda mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan chat kepada kami dengan klik "Tombol Bantuan")

150.000

Hamba Allah
18 March 19

AlhamduLillah


50.000

yulia
17 March 19

Allahumma sholialla muhammad... yaarob semoga pagi ini sampe selesai ujian tengah semester anak hamba ananda m.daffa ardiansyah... engkau berikan kemudahan dalam belajar dan dalam mengerjakan ujian dr hari senin ini sampe 4 hr kedepan semoga ilmunya bermanfaat dan anak hamba dg mudah mengerjakan soal soal ujian tengah semester 2 aamiin...


250.000

Melvi
17 March 19


51.799

Norhayani
17 March 19

Ya Allah ya rabb berkahi kehidupan kami n ampuni dosa2 kami dan kabulkan hajat_hajat kami sukses dunia akhirat AAMIIN AAMIIN AAMIIN


100.000

gus
16 March 19

Alfatihah...


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE