Patungan Bangun Jembatan di Patia

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Desa Patia di Kecamatan Patia, Pandegelang, Banten adalah jejak awal program bangun jembatan diinisiasi. Nyaris dimulai

40.14%
Rp. 200.688.854
754
29 Hari lagi
SHARE

 

“Apa kabar Pak, ini dari Patia. Masih ingat”, suara di ujung HP yang saya kenal dua tahun lalu.

“Kapan jembatan dibangun? Di Cisereuhen udah di Tangerang kabarnya juga sudah”, satu persatu suara itu membuka lembaran “janji”.

Desa Patia di Kecamatan Patia, Pandegelang, Banten adalah jejak awal program bangun jembatan diinisiasi. Nyaris dimulai, tapi malah yang terwujud di kecamatan Ciseureuhen. Bahkan setelahnya sebagian rangka baja jembatan mau dikirim, tapi tertunda. Kali ini yang terwujud justru Jembatan di Parung Panjang, perbatasan Tangerang Bogor.

Ramadan kali ini, janji itu menyengat lagi. Ditambah suara habis Subuh tadi di ujung HP menghentak kesadaran. Kabar baiknya, Direktur Ekskutif PPPA, Tarmizi As Shidiq sudah memberi lampu hijau.

“Silakan dimulai. Alloh yang akan sempurnakan”, pesan midas itu yang selalu jadi penguat tim mengambil keputusan.

“Sekarang mulai sering banjir pak. Anak-anak seperti biasa yang berangkat ke sekolah suka pada kepeleset, jatuh ke sungai”, tutup sapa subuh dari Pak RT Patia.

Warga juga bersuka cita menyambut pembangunan jembatan ini. “Kami sangat butuh jembatan yang kuat, karena yang dari bambu ini licin dan hanyut kalau banjir,” ujar warga Patia, Ecep

Bagaimanapun kondisinya, mereka tidak punya pilihan kecuali melalui jembatan-jembatan maut itu. Kita tak cukup mengutuki kekuasaan dalam pengabdian kemanusiaan. Tapi kita hanya perlu berbuat, meski hanya langkah kaki sejengkal.

Jembatan ketiga akan dibangun usai lebaran. Untuk memenuhi janji di Patia.

Untuk Mendukung Program Ini Caranya :

1. Klik tombol "SEDEKAH SEKARANG".
2. Masukkan "NOMINAL" yang anda inginkan dan "Sertakan Doa terbaik Anda".
3. Pastikan Anda sudah mengisi form yang tersedia dengan benar.
4. Pilih metode pembayaran (Transfer Bank BCA, BRI, BNI Syariah dan Virtual Account BNI) dan jika sudah login bisa medapatkan "kemudahan dalam bertaransaksi"
5. Lakukan transfer sesuai dengan Informasi yang terdapat di invoice yang dikirim melalui email atau sms.

6. Jika menggunakan metode pembayaran Virtual Account diharapkan melalukan pembayaran sesuai dengan total biaya yang sudah ditambahkan dengan biaya admin bank.
7. Pastikan email Daarul Qur'an dan Sedekah Online berada di "kotak masuk/primary Anda" untuk mendapatkan update laporan program melalui email.

(**Jika Anda mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan chat kepada kami dengan klik "Tombol Bantuan")

UPDATE 5: Pembangunan Jembatan Sudah Capai 60 Persen

Pembangunan jembatan di Desa Patia, Pandeglang, Banten alhamdulillah sudah mencapai 60%. Hal ini seperti disampaikan Ketua Rukun Tetangga (RT) di wilayah jembatan tersebut berdiri, Heri.

"Alhamdulillah, pembangunan sudah mencapai 60 persen, kami pun sebagai warga berterima kasih kepada Daarul Qur'an dan para donatur," kata Heri pada pertengahan Juni 2019.

Menurutnya, warga bergotong royong merampungkan pembangunan jembatan. Mereka membawa batu, pasir dan semen ke lokasi dengan bantuan kendaraan, serta tidak jarang menggunakan pundak mereka sendiri.

Kini kedua sisi jembatan yang akan digunakan sebagai pondasi telah berdiri kokoh. Badan jembatan pun akan segera dibangun. Harapannya, pembangunan jembatan kehidupan di Patia segera usai dan warga dapat menggunakan jembatan tersebut untuk menyeberang dari Patia ke desa lainnya, atau sebaliknya.

“Kami sangat membutuhkan jembatan ini untuk bepergian ke kebun dan sawah untuk membawa hasil tani. Begitu pula dengan anak-anak yang setiap harinya menggunakan jembatan ini untuk menyeberang ke sekolah yang berada di desa sebelah,” ucap salah satu warga, Dedi.

Jembatan Patia memang menjadi ujung tombak dari aktivitas warga Patia. Tanpa jembatan itu akses ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial pun terputus. Sebelum dibangun, warga tak punya pilihan melewati jembatan bambu yang sering terbawa arus kala hujan dan air sungai deras.

Banyak warga khususnya anak-anak yang pernah menjadi korban terpeleset bahkan jatuh ke sungai karena jembatan bambu yang licin. Alhamdulillah berkat dukungan dari seluruh donatur PPPA Daarul Qur’an kini jembatan kokoh dari beton yang diimpikan warga insya Allah segera terwujud.

Mari terus salurkan donasi Anda untuk program Jembatan Kehidupan di Patia. Semoga donasi Anda dapat menghapuskan dosa-dosa dan menambah timbangan kebaikan di akhirat kelak. Aamiin.

 

UPDATE 4: Alhamdulillah, Jembatan Patia Resmi Dibangun

Jembatan di Patia hari ini, Rabu (20/3/2019), resmi dibangun. Peletakan batu pertama pembangunan dilakukan oleh Direktur Utama PPPA Daarul Qur’an Tarmizi Ashidiq beserta jajaran pimpinan PPPA dan tokoh masyarakat setempat.

“Alhamdulillah berkat dukungan dari para donatur, PPPA Daarul Qur’an mulai membangun jembatan di Desa Patia. Dalam pembangunan ini, kami akan mengubah konstruksi jembatan dari bambu menjadi jembatan permanen dengan beton yang kokoh,” ujar Tarmizi.

Warga juga bersuka cita menyambut pembangunan jembatan ini. “Kami sangat butuh jembatan yang kuat, karena yang dari bambu ini licin dan hanyut kalau banjir,” ujar warga Patia, Ecep.

Ecep juga berharap agar jembatan yang diberi nama jembatan ar-Rohman ini segera selesai. “Semoga jembatan cepat selesai. Karena inilah yang kami tunggu-tunggu, kami sangat membutuhkan jembatan yang kuat dan aman digunakan,” harap Ecep.

Mari terus salurkan donasi Anda untuk program Jembatan Kehidupan di Patia. Semoga donasi Anda dapat menghapuskan dosa-dosa dan menambah timbangan kebaikan di akhirat kelak. Aamiin.

 

UPDATE 3 : Warga Desa Patia Berembug Untuk Pembangunan Jembatan

Menindaklanjuti rencana pembangunan jembatan di desa Patia, Pandeglang, Banten yang akan dimulai pada Maret 2019 ini, warga desa pun berkumpul dan melakukan rembug.

“Alhamdulillah, warga merespon baik dan kompak,” demikian menurut Koordinator Program Pembangunan Jembatan Kehidupan, Jahidin Zey.

Jahidin juga menyebutkan bahwa rembug warga yang dilakukan pada Senin (11/3/2019) malam adalah penanda program pembangunan jembatan ini akan dimulai.

Jembatan ini dibutuhkan warga desa Patia sebagai akses utama untuk melintas menuju sekolah, sawah, tempat bekerja dan ke masjid. Konstruksi lama jembatan ini menggunakan bambu dan kerap hanyut dibawa arus banjir. Jembatan ini cukup berbahaya karena memakan korban jatuh akibat licin.

Alhamdulillah, program Jembatan Kehidupan yang kini hadir di Patia akan mengubah konstruksi jembatan bambu ini menjadi jembatan permanen. Jembatan ini rencananya akan memiliki ukuran panjang 24 meter dan lebar 1,5 meter.

Hingga 12 Maret 2019, donasi yang telah terkumpul untuk pembangunan jembatan di Patia baru Rp.123.553.727,- dari total kebutuhan sebesar Rp.700.000.000,-. Sehingga masih ada kekurangan sebesar Rp.576.446.273,-.

Mari terus salurkan donasi Anda untuk program Jembatan Kehidupan di Patia. Semoga donasi Anda dapat menghapuskan dosa-dosa dan menambah timbangan kebaikan di akhirat kelak. Aamiin.

UPDATE 2 : Insya Allah Jembatan di Patia Segera Dibangun Maret 2019

Para donatur yang budiman, Insya Allah jembatan di Desa Patia, Pandeglang, Banten akan segera dibangun. Pembangunan jembatan ini rencananya akan dilaksanakan pada Maret 2019.

Untuk diketahui bersama, jembatan di Patia ini akan dibuat menggunakan material beton. Material beton ini dipilih karena kami anggap jauh lebih kokoh daripada bambu yang selama ini dipergunakan warga sebagai material jembatan.

Warga Patia sangat membutuhkan jembatan ini untuk menuju wilayah lain guna menjual hasil pertanian mereka. Resiko terpeleset dan tercebur ke sungai pun terpaksa mereka hadapi saat melintasi jembatan bambu tersebut.

Hingga saat ini, donasi yang telah terkumpul untuk pembangunan jembatan di Patia baru Rp.108.785.414,- dari total kebutuhan sebesar Rp.700.000.000,-. Sehingga masih ada kekurangan sebesar Rp.591.214.586,-.

Lihat jembatan patia terkini, klik http://bit.ly/jembatanpatia

 

UPDATE 1 : Patia Masih Menunggu Jembatan Baru

PPPA Daarul Qur’an berupaya memenuhi janji membangun jembatan di Desa Patia, Kecamatan Patia, Pandegelang, Banten. Alhamdulillah, begitu banyak donatur yang mendukung berdirinya jembatan yang jadi akses utama masyarakat di desa tersebut. Sampai saat ini, donasi terkumpul Rp105.840.013,-.

Namun, jembatan masih belum bisa dibangun lantaran dana yang dibutuhkan untuk mendirikan jembatan yang kokoh kurang lebih sebesar Rp700 juta. Sebab material jembatan dirancang menggunakan beton yang diyakini mampu bertahan puluhan tahun.

“Sudah ratusan tahun jembatan Patia terbuat dari bambu seadanya, jadi sering putus dan terbawa arus sungai apalagi saat hujan tiba. Karena itu kami membuat konsep sebaik mungkin agar jembatan yang dibangun nanti bisa bertahan lama,” ujar General Manager Pemberdayaan PPPA Daarul Qur’an, Jahidin.

Ia berharap, donasi segera terkumpul sehingga pembangunan jembatan Patia bisa terlaksana. Tak ada lagi anak-anak yang terpeleset ke sungai saat berangkat sekolah, tak ada lagi kendaraan yang terjun dari jembatan bambu.

“Bismillah, mohon doa agar mimpi masyarakat Patia punya jembatan baru yang berdiri kokoh terwujud. Bagi masyarakat Indonesia yang ingin mendukung dan terlibat dalam pembangunan jembatan Patia langsung saja klik sedekahonline.com,” tutur Jahidin.

150.000

Hamba Allah
25 June 19

Ya Allah saya ingin usaha saya berkembang pesat serta saya dapat membangunkan rumah untuk orang tua dan bisa menikah di tahun ini. Amin


10.000

Sigit
24 June 19

Ya Alloh jadikanlah anak2 keturunan kami menjadi penghafal Al-Qur'an dan mengamalkannya, dan lancarkan lah rezeki kami, Amin Allohumma Amin


50.000

Hamba alloh
18 June 19

Semoga berkah


100.000

Nur
18 June 19

Dimudahkan jodohnya


50.000

Dyah
18 June 19


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE