Mobile Qur'an Jelajah Sulawesi Tenggara

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

MOQU menargetkan 5110 orang penerima manfaat di 20 titik. Rencananya mobile qur’an akan memulai perjalanan di Kota Makassar menuju pelabuhan Bajoe

1.1%
Rp. 550.000
7
8 hari Lagi
SHARE

 

Update pengumpulan Donasi Program Jelajah Nusantara Bersama Mobile Qur'an hingga 31 Oktober 2017 tercapai sebesar Rp 1.199.000,-

Mobile Qur’an PPPA Daarul Qur’an adalah layanan edukasi berbasis teknologi untuk menanamkan kecintaan terhadap al-qur’an kepada anak-anak. Layanan Mobile Qur’an PPPA Daarul Qur’an terdapat di beberapa kantor cabang, diantaranya; Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Makassar. Untuk memberikan layanan ke masyarakat di daerah yang tidak terapat kantor cabang, Mobile Qur’an mengadakan program Jelajah Nusantara. Program Mobile Qur’an Jelajah Nusantara kali ini akan mengunjungi provinsi Sulawesi Tenggara pada 25 Oktober – 4 November 2017.


(Sumber : Dokumentasi PPPA Daarul Qur'an pusat)

Bismillah. Mobile Qur'an (MOQU) JELAJAH NUSANTARA, chapter Sulawesi Tenggara. Akan berkunjung ke 20 titik marjinal (sekolah dan komunitas), dengan target 5.110 peserta selama ekspedisi. Ada 4 kabupaten yang akan disambangi : Konawe, Konawe Selatan, Kolaka, dan Kendari.

Provinsi Sulawesi tenggara adalah provinsi dengan jumlah penduduk 2.232.586 jiwa berdasarkan BPS Sultra tahun 2010. 700.433 jiwa (35,75%) dari total penduduk adalah anak-anak berusia dibawah 15 tahun. Kasus tentang anak-anak tak sadarkan diri akibat mengonsumsi Pil PCC menggemparkan berita nasional dan masyarakat Sulawesi tenggara khususnya masih hangat diperbincangkan masyarakat. Penyalahgunaan Pil PCC ini menjadi edukasi yang sangat buruk bagi perkembangan generasi muda. Lebih dari 60 orang dirawat di rumah sakit jiwa dan ada juga korban meninggal. Ada kekhawatiran para orang tua jika peristiwa seperti ini akan menimpa anak-anaknya. 


(Sumber : Dokumentasi PPPA Daarul Qur'an pusat)

Mobile Qur’an (MOQU) datang  memberikan motivasi kepada anak-anak untuk semakin dekat dengan Al-qur’an. Melalui dongeng ceria/cerita islami dan training One Day One Ayat (ODOA) MOQU menanamkan Daqu Value untuk menjaga anak-anak kepada fitrahnya. Dengan pendekatan kepada al-qur’an ini juga diharapkan anak-anak bisa terhindar pengaruh negatif dari lingkungannya.

MOQU menargetkan 5110 orang penerima manfaat di 20 titik pada aksi Mobile Qur’an Jelajah Nusantara kali ini. Rencananya mobile qur’an akan memulai perjalanan di Kota Makassar menuju pelabuhan Bajoe. Dari pelabuhan Bajoe menyeberang menggunakan kapal laut menuju Kab. Kolaka. Setelah itu MOQU akan mengunjungi Kab. Konawe, Kota Kendari, dan Kab. Konawe Selatan. Sekolah-sekolah/TPA yang dilalui perjalanan MOQU inilah yang menjadi sasaran aksi. 

Selain mengedukasi anak-anak untuk memuliakan al-qur’an, MOQU Jelajah Nusantara juga bisa menjadi langkah awal mengenalkan PPPA Daarul Qur’an di Sulawesi Tenggara. Mengingat sampai sejauh ini proram PPPA Daarul Qur’an belum banyak menyentuh masyarakat Sulawesi Tenggara terutama Rumah Tahfidz.

Untuk Mendukung Program ini Caranya :
1. Klik tombol warna kuning "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih "NOMINAL" dengan klik "Tanda Panah Bawah" dan Sertakan Doa.
3. Isi Biodata di kolom yang tersedia dan "Klik Lanjut"
4. Pilih metode pembayaran (Tersedia Bank BCA/BRI/Mandiri/BNI Syariah) atau Dompet Sedekah jika sudah melakukan Login.
5. Silahkan transfer sesuai dengan invoice yang sudah disertakan kode unik yang sudah dikirim melalui email.
6. Dapatkan laporan via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda. Jika mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan kepada kami.

Update 1, Tim Mobile Qur'an Jelajah Nusantara PPPA Daarul Qur'an telah sampai di kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. 

Antusiasme masyarakat terhadap kedatangan Mobile Qur'an sangat besar. Sekolah-sekolah dan TPA yang dikunjungi sangat menyambut baik kedatangan Mobile Qur'an. Anak-anak sangat senang dan gembira atas kedatangan Mobile Qur'an di sekolah dan TPA mereka. Mereka senang bisa "bermain" bersama MOQU sambil menambah ilmu.


(Sumber : Dokumentasi PPPA Daarul Qur'an Pusat Roadshow)

SDN 1 Suka Maju merupakan salah tempat yang di kunjungi Mobile Qur'an. Letaknya tak jauh dari kaki bukit di kecamatan Onembute, kabupaten Konawe. Kepala sekolah SDN 1 Suka Maju rela jauh-jauh mendatangi Mobile Qur'an yang lagi melakukan aksi di SDN Mulya dengan kondisi jalan berlumpur akibat agar sekolahnya juga bisa dikunjungi. 

MOQU telah mengunjungi dan memberi motivasi lebih dari 1000 siswa dan santri ke Sekolah dan TPA yang ada di kabupaten Kolaka Timur dan Konawe, diantaranya SDN Karomatingge Kolaka Timur, TPA Nur Islam Onembute, SDN Mulya, SDN 1 & 2 Suka Maju, SDIT Asy Syamil, TPA Al Mu'minun kabupaten Konawe. 

Selanjutnya Mobile Qur'an masih akan melaksanakan aksi Mobile Qur'an di beberapa SD dan TPA sebelum melanjutkan perjalanan menuju kota Kendari dan kabupaten Konawe Selatan untuk berbagi keceriaan dan motivasi kepada lebih banyak lagi sekolah dan TPA.

Sedekah Sekarang...

 

Update 2, MoQu Cirebon Hibur Siswa Setelah Menghafal

Sabtu (11/11/17), tim Mobile Qur'an PPPA Daarul Qur'an Cirebon disambut dengan keceriaan 200 santri Rumah Tahfidz Zahratul 'Ulum di Karangampel, Indramayu. Rumah Tahfidz Zahratul ‘Ulum merupakan rumah tahfidz mandiri yang telah 2 tahun bersinergi dengan PPPA Daarul Qur’an Cirebon. Bertempat di masjid besar Darussalam yang masih satu kawasan dengan rumah tahfidz tersebut, aksi Mobile Qur’an dimulai pada pukul 14.00 WIB.

Setelah para santri DTA Zahratul 'Ulum menonton video pembelajaran dan menghafal Surat As-Shaffat yang didiktekan oleh Ustadz Nur Utomo, beberapa santri memberanikan diri membaca beberapa ayat yang baru dihafalnya, di depan teman-teman dan guru-gurunya.


(Sumber : Dokumentasi PPPA Daarul Qur'an Cirebon Maskot Mobile Qur'an)

“Ajib, keluar dong!” Teriak para santri Rumah Tahfidz Zahratul ‘Ulum memanggil Ajib yang masih bersembunyi. Ia adalah maskot Mobile Qur’an Cirebon yang menghibur para santri setelah mereka belajar mengahafal. Ajib mengenakan baju, celana dan peci putih. Keceriaan murid-murid semakin terlihat saat Ajib menampakkan dirinya, mereka berebut bersalaman dengan Ajib sambil bernyayi bersama. Bagi yang sudah berani maju, mereka bisa berfoto bersama Ajib dan menerima hadiah.

“MoQu sangat menarik, karena desain pembelajaran Al-Qur’an disampaikan secara menyenangkan, apalagi ada si Ajib, maskot MoQu, anak-anak jadi tambah senang,” Ujar Pak Muhammad, ketua Rumah Tahfidz Zahratul ‘Ulum, Indramayu.

Setelah melakukan Aksi MoQu, tim PPPA Daarul Qur'an Cirebon mendistribusikan Al-Qur'an untuk Rumah Tahfidz Zahratul 'Ulum. “Insya Allah dalam waktu dekat akan dibangun Pondok Pesantren Zahratul 'Ulum di yayasan ini, tentu saja kami membutuhkan bimbingan dari teman-teman Daarul Qur’an,” Tutup Pak Muhammad. Aksi MoQu ini selesai pada pukul 16.00 WIB.

Sedekah Sekarang...

 

Update 3, Menebar Manfaat Tanpa Batas

Roadshow Mobile Qur'an (MoQu) di wilayah Jawa Timur yang digelar sejak 30 Oktober lalu masih berlanjut. Setelah berjelajah ke sejumlah sekolah, Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) dan rumah-rumah tahfizh di Kabupaten Sampang, Sumenep dan Lamongan, perjalanan MoQu kali ini sampai di Kabupaten Tuban pada Rabu (15/11).

Titik pertama kunjungan MoQu di Tuban adalah di TPQ Ar Rosid Rohman, Dusun Panggungsari, Gedongombo, Semanding, Tuban. Perjalanan yang menantang lantaran harus melewati jalan-jalan menanjak nan berliku tak menjadi penghalang tim MoQu tetap menggelar aksinya.


(Sumber : Dokumentasi kegiatan Mobile Qur'an PPPA Daarul Quran Surabaya)

"Sangat menyenangkan dan terkenang ilmunya. Semoga kakak-kakak MOQU bisa kesini lagi. Apalagi ada hadiah-hadiah juga, anak-anak bahagia sekali, ujar Ustadzah Kasih Amelia, salah satu pengajar di TPQ Ar Rosid Rohman.

Di Kabupaten Tuban ini, tim MoQu PPPA Daarul Qur'an Surabaya juga berkujung ke Madrasah Islamiyah (MI) di Sumberjo, Merakurak, Tuban. Sekolah ini bersinergi dengan Rumah Tahizh Center (RTC) wilayah Jawa Timur I dalam menerapkan program tahfizhul Qur'an kepada murid-muridnya.

Kepala Cabang PPPA Daarul Qur'an Surabaya Nahar Zainuddin bersyukur, perjalanan MoQu jelajah Nusantara berjalan lancar dan disambut baik seluruh masyarakat Jawa Timur. "Menebar manfaat tanpa batas, itulah ikhtiar kami. Semoga MoQu membuat masyarakat khususnya anak-anak seluruh Jawa Timur semakin termotivasi menghafal Al-Qur'an",€ harapnya.


(Sumber : Dokumentasi kegiatan Mobile Qur'an PPPA Daarul Quran Surabaya)

Sedekah Sekarang...

Rp. 50.000

Hamba Allah
20 November 17

Ya Allah, tolong beli & lancarkan dagangan saya serta berilah keberkahan di dalamnya. Aamiiin


Rp. 100.000

Hamba Allah
10 November 17


Rp. 200.000

Hamba Allah
07 November 17


Rp. 50.000

Rasti Hartini
06 November 17


Rp. 50.000

Hamba Allah
03 November 17


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE