Krisis Gizi Buruk Suku Asmat-Papua

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

AKSI KEMANUSIAAN UNTUK ASMAT PAPUA, Tercatat sebanyak 61 anak meninggal akibat wabah campak dan gizi buruk di Kabuaten Asmat – Papua

86.66%
Rp. 86.664.805
484
0 Hari lagi
SHARE

 


(Sumber : Dokumentasi Aksi Kemanusiaan PPPA Daarul Qur'an di suku Asmat Papua sedang memberikan vaksin )

AKSI KEMANUSIAAN UNTUK ASMAT PAPUA

Tercatat sebanyak 61 anak meninggal akibat wabah campak dan gizi buruk di Kabuaten Asmat – Papua.  Laporan relawan lokal menyebutkan, kondisi semakin diperparah dengan akses menuju pedalaman asmat yang sulit ditembus karena mengandalkan arus sungai. Akibatnya, logistik sulit terdistribusi.

Merespon krisis yang ada di Asmat, PPPA Daarul Qur’an menerjunkan tim kemanusiaan yang terdiri dari 2 orang relawan tim medis (Dokter dan Apoteker) dan 1 orang relawan program. “Fokus kami memberikan layanan kesehatan, pemberian makanan tambahan, edukasi kesehatan dan mapping program jangka panjang,” Tambah Dokter Harry Achsan, salah satu relawan medis.  

Salah satu target PPPA Daarul Qur’an, selain memberikan layanan medis adalah membuat program jangka panjang berbasis tahfidzul Qur’an. Program ini akan disesuaikan dengan potensi wilayah dan sumber daya lokal, sehingga program akan kontinu.

Diharapkan, respon ini memberikan bantuan darurat yang sangat dibutuhkan oleh warga tedampak berupa logistik dan layanan medis. Juga bekerja sama dengan warga pelosok Asmat untuk membuat program jangka panjang dalam rangka peningkatan kualitas hidup warga.

Untuk Mendukung Program ini Caranya :

1. Klik tombol warna kuning "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih "NOMINAL" dengan klik "Tanda Panah Bawah" dan Sertakan Doa.
3. Isi Biodata di kolom yang tersedia dan "Klik Lanjut"
4. Pilih metode pembayaran (Tersedia Bank BCA/BRI/Mandiri/BNI Syariah) atau Dompet Sedekah jika sudah melakukan Login.
5. Silahkan melakukan transfer sedekah sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh sistem pada Email Komitmen Sedekah.
6. Dapatkan laporan via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda. Jika mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan kepada kami.

(Update 2) TIM MEDIS PPPA DAARUL QURAN BERI VAKSINASI DI SEKOLAH-SEKOLAH AGATS, ASMAT

ASMAT (25/1). Wabah Campak dan gizi buruk di Kab. Asmat yang terjadi akhir - akhir ini menjadi perhatian banyak pihak, salah satunya PPPA Daarul Quran. 


(Sumber : Dokumentasi Aksi Kemanusiaan PPPA Daarul Qur'an)

Menerjunkan Dokter, perawat dan apoteker, tim Medis PPPA Daarul Quran membantu memberikan vaksin campak, vitamin A dan makanan tambahan kepada siswa di beberapa sekolah, seperti TK SALIB SUCI, dan  SD YPPK SALIB SUCI. 

Dokter Harry Achsan, salah satu Relawan Medis PPPA mengatakan respon warga sekolah luar biasa. "Antusias siswa dan guru sangat baik, sehingga vaksinasi berjalan lancar," Tambah Harry. 

Sementara posko penderita campak dan gizi buruk dibagi di beberapa titik, selain di RSUD AGATS juga di beberapa Gereja. 

Para penderita campak dan gizi buruk berasal dari distrik - distrik yang cukup jauh dari Agats sebagai ibukota Kabupaten. Sulitnya akses menuju Agats menjadi tantangan para masyarakat terdampak untuk melakukan pengobatan.

(Update 1) Aksi Kemanusiaan Daarul Qur'an untuk Asmat

Senin (22/1), Tim Kemanusiaan PPPA Daarul Qur’an menuju Kabupaten Asmat, Papua. Kabar miris bahwa, tanah Papua tengah terjadi goncangan besar Tsunami kemanusiaan, tingginya kematiaan ibu dan anak akibat busung lapar dan gizi buruk telah melanda di Asmat. Berita ini hampir tidak muncul ke permukaan.Padahal, ada jutaan rakyat tanah Papua baik yang bermukim di lepas pantai, pesisir, pedalaman dan pegunungan tengah merintih,menjerit, menangis setiap hari karena Kejadian Luar Biasa (KLB) busung lapar dan campak yang mematikan.


(Sumber : Dokumentasi Pelepasan Tim layanan Aksi Kemanusiaan)

Menurut data yang didapat tim Siaga Bencana (SIGAB) PPPA Daarul Qur’an, dalam empat bulan terakhir jumlah korban bisa bertambah setiap harinya. Tercatat 61 anak meninggal akibat wabah campak dan gizi buruk. Merespon tragedi tersebut, PPPA Daarul Qur’an menerjunkan tim kemanusiaan yang terdiri dari tim medis (Dokter dan Apoteker) dan Jahidin sebagai General Manager Program PPPA Daarul Qur’an untuk melakukan maping program jangka panjang.

Jahidin mengatakan, bahwa laporan tim lokal yang diterimanya menyebutkan kondisi semakin diperparah dengan sulitnya memasuki pedalaman Asmat. Proses distribusi bantuan hanya dapat mengandalkan arus sungai, namun upaya distribusi bantuan makanan dan kesehatan terus dilakukan untuk bisa sampai ke wilayah pedalaman Asmat.

“Fokus kami memberikan layanan kesehatan, pemberian makanan tambahan, edukasi kesehatan dan maping program jangka panjang” ujar Jahidin. Tim yang dipimpinya sebelumnya telah melakukan aksi kemanusiaan untuk Rohingya, selama enam bulan terakhir melakukan program jangka panjang di pengungsian Rohingya, Bangladesh.

Salah satu target PPPA Daarul Qur’an adalah selain memberikan layanan medis, edukasi kesehatan dan bantuan makanan adalah membuat program jangka panjang berbasis tahfidzul Qur’an. Program ini akan disesuaikan dengan potensi wilayah dan sumber daya lokal sehingga kedepannya program bisa berkelanjutan.

Diharapkan, respon ini memberikan bantuan darurat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Papua yang terdampak. Bekerjasama dengan warga pelosok Asmat untuk membuat program jangka panjang, guna peningkatan kualitas taraf hidup masyarakat Kabupaten Asmat, Papua. Bantuan dan kepedulian seluruh masyarakat Indonesia sangat dibutuhkan, PPPA sendiri membuka akses berdonasi melalui SedekahOnline.com. Ini saudara kita, ditanah air kita, mereka layak mendapat rasa kepedulian kita.

 

Rp. 50.000

Ani
20 February 18


Rp. 50.000

Suryo Indra Guritno
03 February 18

*Diampuni dosa-dosa *Orangtua kami cepat berangkat haji *Dilancarkan jalannya untuk khitbah tahin ini


Rp. 100.000

Dayita
30 January 18

Semoga anak-anak Asmat dapat perbaikan gizi yang baik dan lekas sehat kembali


Rp. 200.000

Brilian Yusuf Rohmat Akbar
02 February 18

- Ya Allah, kami semua mohon ampun, tolong ampuni kami - Ya Allah kami mohon agar benar-benar hanya berTuhan dan menuhankan Engkau


Rp. 300.000

Yenny W
18 February 18

Kesehatan, usaha lancar, anak dan cucu yang shaleh dan shalelah


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE