Kekeringan Melanda pelosok Indonesia

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Selama ini warga memenuhi kebutuhan air bersih dengan cara pipanisasi, mengalirkan mata air dari jarak berpuluh-puluh kilometer menuju bak penampungan

5.7%
Rp. 5.700.000
14
12 hari Lagi
SHARE

 

Update pengumpulan Donasi Program Sedekah Air untuk Wilayah Kekeringan hingga 30 September 2017 tercapai sebesar Rp 37.080.000,-

Haus Warga di Tengah Penghujan
Dusun Karang Tengah, Tlogo Pucang, Temanggung dengan 50 Kepala Keluarga selalu mengalami krisis air bersih sepanjang tahun. Setiap harinya, warga berjalan 3 KM menuju Rawa Seneng, satu-satunya sumber air bersih kampung, di bawah dusun untuk mengambil keperluan air keluarganya. Mesin-mesin pompa air sudah tidak lagi kuat untuk menarik air 3 KM ke atas bukit, sumur-sumur dalam tidak mengeluarkan air, dan ditambah kemarau panjang akhir-akhir ini.

Pak Gito, Kasi Penanganan Darurat dan Logistik BPBD Temanggung mengungkapkan, “ada 6 kecamatan 12 desa 40 dusun yang mengalami kekeringan. Penyaluran air bersih untuk tahun 2017 ini baru sekitar 350 tangki. Salah satu titik kekeringan paling parah adalah di daerah Tlogo Pucang yang lokasinya berada di perbukitan. Selain kekeringan bencana alam yang sering terjadi di temanggung adalah banjir dan tanah longsor.” 

Hanya butuh waktu sejenak, setelah 2 truk tanki air bersih Program Sedekah Air PPPA Daarul Qur’an berhenti, untuk dikelilingi puluhan jerigen air milik warga Tlogo Pucang, Temanggung. Setidaknya, sampai 30 September 2017 lalu, baru 2 kali gerimis membasahi tanah kemarau di atas perbukitan Temanggung ini. 

Setidaknya, setiap warga yang mendekat pada truk tanki air bersih membawa 4-5 jerigen air besar, beberapa membawa ember, untuk keperluan konsumsi. “Ini masih sedikit mas karena tidak ada pengumuman sebelumnya, kalau ada pengumuman bisa lebih banyak lagi,” ungkap Bu Titin, warga Dusun Karang Tengah, sembari menata jerigen-jerigen air biar lebih dekat pada kran tanki.

Kran tanki mulai dibuka, satu per satu jerigen air milik warga mulai penuh. 10.000 liter air dirasa cukup untuk kebutuhan air bersih 50 KK selama satu minggu ke depan. Di tengah air bersih tanki mengalir ke jerigen warga, hujan tiba. Hujan deras pun tidak menghentikan aktivitas warga mengambil air bersih dari tanki. Warga tak punya penampungan air hujan, semua air dari langit langsung mengalir meresap menuju Rawa Seneng sejauh 3 KM dari dusun Karang Tengah yang seringkali dipakai untuk mandi dan mencuci warga.

10.000 liter air bersih untuk warga Dusun Karang Tengah telah habis. Warga mulai pulang ke rumah masing-masing. Satu tanki 5.000 liter air bersih tambahan berjalan menuju Pondok Pesantren Miftakhul Mubtadi’in Dusun Pringtali, Kemiri, Kaloran, Temanggung. Maghrib menjelang, 200 santri mulai keluar menuju masjid. 

Sekitar 30 Kepala Keluarga menanti waktu kran tanki dibuka setelah Maghrib, sudah 3 bulan ini Pesantren Miftakhul Mubtadi’in dan warga sekitarnya mengalami krisis air bersih. Kran tanki air  dibuka, dialirkan ke penampung air yang tebuat dari terpal berbentuk seperti kolam ikan yang terletak disebelah kanan masjid. Penampungan besar milik pesantren ini biasanya dipakai untuk keperluan air bersih dan warga.

Dari Temanggung di penghujung kemarau 2017 ini, kita belajar beberapa hal sederhana. Tlogo Pucang dan Kaloran adalah tanda tentang ikhtiar manusia untuk bertahan sekaligus berdakwah. Hujan mengguyur di tengah penyaluran air bersih menjadi pelajaran tentang dzikir di tengah keberlimpahan. Semoga menjadi hikmah untuk kita semua. Aamiin.

Melalui program #SedekahAir PPPA Daarul Qur’an terus membantu wilayah yang mengalami kekeringan di sejumlah daerah seperti di Yogyakarta, Bogor, Surabaya, Malang dan Makassar.

Mari bersama kita cukupi kebutuhan air bersih saudara-saudara kita di wilayah kekeringan melalui program #sedekahair PPPA Daarul Qur’an

Cara Bersedekah :
1. Klik "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih Menu Nominal dengan klik tanda panah bawah
3. Sertakan Doa untuk diri Anda ataupun Program yang sedang berlangsung
4. Isi kolom yang sudah disediakan
5. Pilih metode pembayaran Bank BCA/BRI/Mandiri/BNI Syariah atau Dompet sedekah jika sudah melakukan Login
6. Dapatkan laporan via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda

 

Rp. 3.000.000

Hamba Allah
18 October 17

semoga bermanfaat untuk semua... amin


Rp. 50.000

Hamba Allah
13 October 17


Rp. 100.000

Hamba Allah
13 October 17

Semoga Allah memberkahi


Rp. 50.000

Namira
13 October 17

Insyaallah sedekah ini menjadi amal jariyah. Dan Allah SWT memudahkan segala urusan kita semua. Aamiin..


Rp. 50.000

sahawadi
12 October 17


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE