Dukung Pembangunan Rumah Qur’an Sulteng

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Ini adalah anak-anak Dusun Sadaunta, Desa Namo, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Mereka tengah menanti kembali ke rumah layak huni

OPEN GOAL
Rp. 12.782.343
78
SHARE

 

Ini adalah anak-anak Dusun Sadaunta, Desa Namo, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Mereka tengah menanti kembali ke rumah layak huni pascagempa menghantam September lalu. Saat ini, masyarakat Sadaunta masih tinggal di tenda-tenda pengungsian beralas tanah beratap terpal.

Lokasi dusun sempat terisolir longsor membuat Sadaunta yang tepat berada di bawah Taman Nasional Lore Lindu itu jarang tersentuh bantuan. Karenanya, PPPA Daarul Qur’an menginisiasi pembangunan rumah Qur’an dan masjid di Sadaunta untuk membantu warga di desa 40 Kepala Keluarga (KK) tersebut.

Dalam setiap kegiatan PPPA Daarul Qur’an akan menyelipkan nilai-nilai tahfizhul Qur’an, mengirimkan da’i sebagai pendamping spiritual warga. Konsep ini telah digunakan sebagai pendekatan program Kampung Qur’an pasca bencana di beberapa tempat seperti Halmahera, Merapi dan Lombok.

Saat ini telah lahir generasi penghafal Qur’an di daerah-daerah tersebut. Halmahera misalnya, yang sudah jadi kampung wisata religi dengan anak-anak pengahfal Qur’an di setiap sudut kampung. Begitu pula Lombok yang telah memiliki Kampung Qur’an Melempu dan Kampung Qur’an Dasan Lengkong.

Kampung Qur’an diharapkan membuat masyarakat Sadaunta kembali bergeliat dengan membangun rumah dan masjid mereka. InsyaAllah, Sadaunta akan seperti Halmahera, Merapi dan Lombok. Kampung ini akan jadi pusat pengembangan tahfizh dan melahirkan penghafal-penghafal Qur’an baru. Aamiin.

SedekahOnline.com mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menutup tahun 2018 dengan mendukung  “Pembangunan Rumah Qur’an Sulawesi Tengah”. Karena sesungguhnya “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api“. (HR. At-Tirmidzi).

Dan “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS. Ali-Imran [3] : 92)

Semoga dengan bersedekah di akhir tahun dan membantu saudara-saudara kita yang tengah dilanda musibah, Allah mempermudah setiap langkah serta mengabulkan segala hajat kita di 2019 dan tahun-tahun selanjutnya. Aamiin Allahumma Aamiin.

Untuk Mendukung Program Ini Caranya :

1. Klik tombol "SEDEKAH SEKARANG".
2. Masukkan "NOMINAL" yang anda inginkan dan "Sertakan Doa terbaik Anda".
3. Pastikan Anda sudah mengisi form yang tersedia dengan benar.
4. Pilih metode pembayaran (Transfer Bank BCA, BRI, BNI Syariah dan Virtual Account BNI) dan jika sudah login bisa medapatkan "kemudahan dalam bertaransaksi"
5. Lakukan transfer sesuai dengan Informasi yang terdapat di invoice yang dikirim melalui email atau sms.

6. Jika menggunakan metode pembayaran Virtual Account diharapkan melalukan pembayaran sesuai dengan total biaya yang sudah ditambahkan dengan biaya admin bank.
7. Pastikan email Daarul Qur'an dan Sedekah Online berada di "kotak masuk/primary Anda" untuk mendapatkan update laporan program melalui email.

(**Jika Anda mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan chat kepada kami dengan klik "Tombol Bantuan")

UPDATE 2 : Pembangunan Rumah Qur'an Sulteng Hampir Rampung

Pembangunan Rumah Qur'an di Desa Saloya, Kecamatan, Sindue Tambosabora, Donggala, Sulawesi Tengah hampir rampung. Warga siap menyambut rumah baru dengan suka cita. Saat ini, 49 rumah yang dibangun PPPA Daarul Qur'an telah sampai tahap finishing, terutama dinding, lantai dan pintu.

Setelah gempa dan tsunami melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah, banyak warga yang kehilangan tempat untuk bernaung. Mereka tinggal di tenda-tenda pengungsian ataupun gubuk yang dibuat sendiri. Tak jarang hal ini membuat mereka begitu cepat terserang penyakit.

Warga amat sangat bersyukur dengan hadirnya PPPA Daarul Qur’an, program rumah Qur’an membuat mereka bangkit kembali. "Alhamdulillah dari 49 rumah saat ini sudah ada dua yang digunakan oleh warga," ujar Mujito, selaku koordinator pembangunan Rumah Qur'an di Sulawesi Tengah.

Pada bulan suci Ramadhan 1440 H ini, sebagian besar warga pun masih menghabiskan segala aktivitasnya di tenda dan gubuk, mulai dari sahur hingga berbuka puasa. Harapan warga sebelum Idul Fitri tiba, seluruh rumah sudah dapat digunakan warga sembari merayakan hari kemenangan.

"InsyaAllah, kami usahakan untuk menyelesaikan pembangunan sebelum Idul Fitri, tinggal dinding, lantai dan sisanya pintu yang dikerjakan bersama para warga," imbuh Mujito.

 

 

UPDATE 1 : Rumah Qur’an Untuk Palu dan Donggala

Gempa bumi 7,4 SR yang melanda Palu, Sigi, Donggala dan Parigi (Sulawesi Tengah) pada 28 September 2018 silam masih menyisakan duka. Kita diperlihatkan bagaimana Petobo, Balaroa, Jono Oge dan Sibalaya tenggelam. Pun tsunami yang menghantam Teluk Palu mengakibatkan Ribuan orang hilang dan meninggal. Para korban juga kehilangan tempat tinggal karena tanah bergeser dan likuifaksi menelan rumah-rumah mereka.

PPPA Daarul Qur’an menerjunkan tim Siaga Bencana (SIGAB) melalui jalur Makassar-Mamuju-Polewali Mandar-Palu untuk membantu evakuasi, distribusi logistik, pembuatan shelter darurat dan gerilya layanan medis. Tiga pekan lebih bergerak di fase tanggap darurat, PPPA mencoba menawarkan konsep Integrated Tahfizh Shelter (ITS) sebagai solusi bagi warga yang kehilangan rumah akibat likuifaksi, terutama di Kelurahan Petobo, Palu Selatan.

Namun, setelah melakukan pendalaman, tim memutuskan untuk mencari alternatif program selain shelter. PPPA Daarul Qur’an kemudian beralih ke program Rumah Qur’an dengan konsep Recycle House sebagai pengganti shelter untuk memenuhi kebutuhan dasar rumah layak huni. Rumah ini dibangun dengan sistem daur ulang menggunakan bagian puing-puing reruntuhan rumah yang bisa dipakai dikombinasi dengan material bahan baru (75% material baru dan 25% material bekas rumah). Pembangunan dilakukan secara partisipatif oleh masyarakat melalui gotong royong.

Konsep hunian ini diharapkan bisa mengembalikan marwah keluarga yang kehilangan tempat tinggal mereka pascagempa 2018 silam. Lalu, sebagai tindak lanjut dari konsep hunian ini, PPPA Daarul Qur’an akan membangun Kampung Qur’an, sebuah kawasan pengembangan masyarakat berbasis tahfizul Qur’an pasca bencana.

Untuk mewujudkan Rumah Qur’an bagi warga Palu dan Donggala, kami mengajak masyarakat untuk berdonasi melalui SedekahOnline.com. Semoga donasi yang Anda keluarkan menjadi penggugur dosa-dosa dan menjadi pemberat timbangan kebaikan Anda. Aamiin.

20.000

Sigit
21 June 19

Ya Alloh jadikanlah anak2 keturunan kami menjadi para penghafal Al-Qur'an dan mengamalkannya, lancar rezek kami, Amin Allohumma Amin


50.000

Ayyub
14 June 19

Ya Allah... Tuntunlah kami agar selalu istiqamah berada di jalan keridoan-Mu. Serta kami mohon keselamatan, rahmat dan keberkahan dalam hidup. Aamiin


50.000

Emi
14 June 19


300.000

Hamba Allah
13 June 19

Semoga doa saya segera terkabul. Aamiin.


1.000.000

Adi supriyadi
03 June 19


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE