Darurat Bencana Gunung Agung

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Salah satu lokasi yang menjadi titik pengungsian saat ini berada di Kab Klungkung, Bali tersebar diberbagai posko dengan pengungsi hampir 20.000 jiwa

11.8%
Rp. 5.900.000
31
12 hari Lagi
SHARE

 

Pengungsi Gunung Agung Melonjak, PPPA Kirim Santri Siaga Bencana 

Hingga Kamis (28/9) jumlah pengungsi Gunung Agung, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, telah mencapai 104.673 jiwa yang tersebar di 447 titik pengungsian di 9 kabupaten/kota di Provinsi Bali. 


(Sumber : Tim Kemanusiaan PPPA Daarul Qur'an melakukan survai posko Kp. Daarussalam Gunung Agung Bali)

Salah satu lokasi yang menjadi titik pengungsian adalah Kabupaten Klungkung, Bali. Total Saat ini jumlah pengungsi di kab. Klungkung yg tersebar diberbagai posko total hampir 20.000 jiwa. Dan jumlah ini terus bertambah setiap  harinya. 

Melihat kondisi demikian PPPA Daarul Qur'an akan mengirimkan tim Santri Siaga Bencana (SIGAB) ke Pesantren Diponegoro. Tim yang akan berangkat pada Sabtu (30/9),  nantinya akan bekerjasama dengan masyarakat sekitar. 

Nantinya tim SIGAB akan menditribusikan bantuan berupa logistik, terpal, matras dan bantal. Selain itu juga ada assatidz dan tim Mobile Quran (Moqu) untuk memberikan materi trauma healing sekalgus menghibur anak-anak di pengungsian. 

Hingga saat ini letusan Gunung Agung masih sulit dipastikan kapan akan terjadi. Sementara gempa-gempa vulkanik masih terus terjadi bahkan terasa di lokasi pengungsian. Kebutuhan pengungsi akan sejumlah makanan pokok dan kebutuhan lainnya pun diperkirakan terus akan meningkat.

Cara Bersedekah :
1. Klik "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih Menu Nominal dengan klik tanda panah bawah
3. Sertakan Doa untuk diri Anda ataupun Program yang sedang berlangsung
4. Isi kolom yang sudah disediakan 

5. Pilih metode pembayaran Bank BCA/BRI/Mandiri/BNI Syariah atau Dompet sedekah jika sudah melakukan Login
6. Dapatkan laporan via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda

Bantuan PPPA Tiba di Pengungsian Gunung Agung

Alhamdulillah, Tim Siaga Bencana (SIGAB) dan Mobile Qur'an (MoQu) PPPA Daarul Qur'an tiba di Pondok Pesantren (Ponpes) Diponegoro, Kabupaten Klungkung, Bali, Selasa (3/10). Pondok ini merupakan salah satu dari enam posko korban gempa vulkanik Gunung Agung, Kabupaten, Karang Asem, Bali.


(Sumber : Tim Kemanusiaan PPPA Daarul Qur'an memberikan bantuan berupa kebutuhan sehari-hari dan selimut kepada relawan posko Kp. Daarussalam Gunung Agung Bali)

Dari data Crisis Center MUI, tercatat 1598 jiwa warga muslim yang mengungsi di Kabupaten Klungkung dan tersebar di enam posko di antaranya posko Kampung Lebah 320 jiwa, Kampung Gel-gel 414 jiwa, Kampung Jawa 73 Jiwa, Kampung Daarul Salam 367 jiwa, Ponpes Diponegoro 248 jiwa dan Kampung Kusamba 176 jiwa.

Rabu (4/10), tim SIGAB PPPA Daarul Qur’an telah menyalurkan bantuan berupa 300 selimut, 50 kerudung, 10 matras, 50 buku Iqra’, dan sejumlah Alqur'an ke posko Ponpes Diponegoro. Nantinya, bantuan akan didistribusikan ke posko-posko lainnya agar merata dan sesuai kebutuhan.

"Untuk logistik insyaAllah bantuan yang masuk masih mencukupi korban Gunung Agung yang mayoritas menginap di rumah warga sekitar posko. Yang paling dibutuhkan pengungsi adalah selimut untuk tidur dan pendidikan untuk anak-anak yang sekolahnya diliburkan akibat bencana ini," ujar Bendahara Crisis Center MUI, Suryansyah.

Tim MoQu juga telah mengunjungi posko-posko pengungsian untuk kembali mendata anak-anak korban bencana yang masih berada di posko. Tim akan menyusun jadwal agar bisa melakukan aksi trauma healing dengan dongeng islami dan training One Day One Ayat (ODOA).


(Sumber : Tim Kemanusiaan PPPA Daarul Qur'an memberikan bantuan berupa kebutuhan sehari-hari dan selimut kepada relawan posko Kp. Daarussalam Gunung Agung Bali)

“Setelah berdiskusi dengan petugas di posko-posko pengungsian muslim, tim MoQu akan melakukan aksi trauma healing di enam posko tersebut,” ujar Shalip, Trainer Tim MoQu PPPA Daarul Qur’an.

Tim SIGAB dan MoQu sendiri telah berangkat pada Sabtu (30/9) lalu. Hingga saat ini letusan Gunung Agung masih sulit dipastikan kapan akan terjadi. Sementara gempa-gempa vulkanik masih terus terjadi bahkan terasa di lokasi pengungsian. Kebutuhan pengungsi, sejumlah makanan pokok dan kebutuhan lainnya diperkirakan terus akan meningkat.

Rp. 50.000

Hamba Allah
18 October 17


Rp. 50.000

Hamba Allah
15 October 17

Semoga bencana di Gunung Agung Cepat selesai, dan para pengungsi di beri kesabaran untuk menghadapi cobaan dr Allah SWT. Amin...amin yaa robbal'alamin


Rp. 500.000

Atiet rahmawati
09 October 17

Semoga para korban diberikan keiklasan hati dan kita semua dijauhkan dr segala macam musibah dan bencana


Rp. 500.000

Hamba Allah
09 October 17

Semoga bermanfaat dan dapat membatu walau tidak seberapa...aamiin...doakan saya dapat membahagiakan orang tua dan Khusnul Khotimah yaaa...aamiinn...


Rp. 100.000

Hamba Allah
09 October 17

Dilancarkan rejeki dan mental menuju pernikahan


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE