Dakwah Kampung Qur’an

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Rizky adalah salah satu contoh kader tahfizh PPPA Daarul Qur’an yang ditugaskan untuk mengabdi di pelosok negeri dengan amanah

9.03%
Rp. 4.515.175
22
11 Hari lagi
SHARE

 

Umumnya mereka yang baru lulus kuliah jenjang strata satu (S1) pasti memilih untuk sibuk mencari pekerjaan. Disaat banyak kawannya mengirim lamaran kerja ke berbagai instansi, Rizky Yanuar Rini memilih ikut program Kader Tahfizh PPPA Daarul Qur’an, begitu dirinya lulus dari Pendidikan Guru di Universitas Negeri Semarang.

Kader Tahfizh adalah program yang digulirkan untuk menambah para pengajar al-Quran untuk daerah pelosok. Peserta kader tahfizh sebelumnya akan digodok selama satu tahun untuk mendapatkan pembekalan ilmu al-Quran dan lainnya. Setelah itu, mereka akan ditempatkan di wilayah-wilayah marjinal untuk mendampingi anak-anak belajar mengaji.

Rizky mengenal program kader tahfizh dari sebuah flyer yang beredar di dalam grup percakapan media sosial Whatsapp. Ia pun mulai mencari tahu, dan setelah merasa cocok ia memberanikan diri untuk mengikuti ujian, hingga akhirnya dinyatakan lolos dan mulai memasuki tahap penggemblengan. Ia kemudian ditempatkan di rumah tahfizh Bobanehena yang berada di Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Tentang alasannya memilih ikut program ini, Rizky mengaku, ia tertantang dengan tema ‘Merawat Indonesia dengan al-Qur’an’. Ia ingin terlibat dalam mimpi Daarul Qur’an untuk mendawamkan Alquran di pelosok negeri hingga menjadi pedoman, lalu menjadikan Rasulullaah sebagai teladan, serta menjadikan Allah sebagai pangkal segala urusan.

“Tapi sebenarnya saya ingin terus bergerak mencari makna juga arti dari kesempatan kuliah dan hidup di kota yang sudah Allah beri. Akankah hanya berguna untuk diri atau disebar hingga ujung negeri. Kini saatnya menempa diri, memupuk sabar juga tawakal di tanah penugasan. Melanjutkan kuliah kehidupan selama dua semester dan memungut hikmah dari kejadian-kejadian di berbagai persinggahan,” ujarnya.

Usai adaptasi dengan lingkungan, Rizky juga beradaptasi lagi dengan tingkah polah anak-anak Jailolo. Karakter anak Indonesia Timur sekaligus anak pesisir yang superkinestetis menjadi hal yang menarik setiap mengajar. Adegan baku adu jurus silat, baku lempar songkok, baku tindih, baku dusuh hingga panjat-memanjat jendela adalah pemandangan sehari-hari. Gendang telinga yang kian hari kian menebal seiring teriakan dari 100 anak lebih setiap hari. Urat leher yang makin hari makin tergurat karena harus berteriak jika ngobrol dengan santri-santri menggemaskan itu.

Tapi itu semua terbayar mengingat kemampuan menghafal anak-anak yang super cepat dan lumayan bertahan lama di dinding ingatan. Selain itu ia selalu terharu dengan semangat juang wali santri yang dalam kondisi cuaca apapun rela mengantarkan anaknya mengaji dan berlomba-lomba bersedekah untuk rumah tahfizh.

“Mohon doanya agar santri-santri Rumah Tahfizh Bobanehena selalu Allah jaga dalam ketaatan, kebaikan dan keistiqomahan dengan al-Qur’an” ujarnya.

Rizky adalah salah satu contoh kader tahfizh PPPA Daarul Qur’an yang ditugaskan untuk mengabdi di pelosok negeri dengan amanah untuk mendawamkan al-Qur’an kepada warga binaannya. Wilayah tugas para kader tahfizh ini tak hanya berupa Rumah Tahfizh, namun juga Kampung Qur’an.

Untuk mewujudkan bertumbuhnya para penghafal al-Qur’an melalui dakwah kampung-kampung Qur’an di seluruh negeri, kami mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dengan berdonasi melalui SedekahOnline.com. Kami mendoakan, semoga donasi para donatur menjadi pemberat pahala kebaikan di akhirat kelak. Aamiin.

Untuk Mendukung Program ini Caranya :
1. Klik tombol "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih "NOMINAL" dengan klik "Panah Bawah" dan Sertakan Doa.
3. Isi form yang sudah tersedia dengan benar
4. Pilih metode pembayaran (Transfer Bank BCA, BRI, Mandiri, BNI Syariah dan BNI Virtual Account) dan jika sudah login bisa menikmati fasilitas "Komitmen Sedekah"
5. Transfer sesuai dengan kode unik yang terdapat di invoice yang sudah dikirim melalui email atau sms.

6. Jika menggunakan metode pembayaran BNI Virtual Account diharapkan sesuai dengan total biaya yang sudah ditambahkan dengan biaya admin bank.
7. Dapatkan update laporan program via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda.

(**Jika Anda mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan chat kepada kami dengan klik "Tombol Bantuan")

50.000

Hamba Allah
14 March 19


100.000

Hamba Allah
05 March 19


400.000

Hamba Allah
04 March 19

Ya Allah percayakan kepada hamba Rp.5M untuk modal usaha dan membayar semua hutang hamba ya Allah


100.000

Shika Arum
03 March 19

Semoga semua hajat baik segera terkabul. Aamiin ya Allah.


50.000

Hamba Allah
03 March 19

ALLAHUMMA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD WA’ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA SHALLAITA ‘ALAA SAYYIDINAA IBRAAHIIMA WA’ALAA AALI SAYYIDINAA IBRAHIIA WABAARIK ‘ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA BAARAKTA ‘ALAA SAYYIDINAA ’ALAA SAYYIDINAA IBRAAHIMA WA ‘ALAA AALI SAYYIDINA IBRAAHIMA, FIL ‘AALAMIINA INNAKA HAMIIDUN MAJIIDUN. ○Ya Allah Ijinkan kami segerakan kami menjadi halal atas ridho mu.. Menjadi keluarga Sakinah mawaddah warrohmah keturunan sholeh sholehah hafiz hafizah (kembar tiga hafizah) dan hamba menjadi istri sholehah dgn imam sholeh.. Lunas hutang.. Sedekah minimal 1Milyar/hari.. Smua amal ibadah buat orangtua kami ya Allah.. Bahagia Dunia Akhirat. Mohon kabulkan ya Allah.. Kabulkan doa mama...Sebelum ramadhan thn ini Ya Allah.. Siapkan km menerima keajaiban2 Allah..ampuni kami muslimin muslimat..Aamiin Yaa rabbal aalamiin terimakasih.


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE