Berbagi Kebahagiaan Qurban

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Tak terasa, sebentar lagi Iedul Qurban tiba. Masyarakat Lombok & daerah bencana lainnya juga pasti ingin merasakan kebahagiaan di Hari Raya Qurban

50.22%
Rp. 50.221.901
255
0 Hari lagi
SHARE

 

PPPA Daarul Qur’an mengajak masyarakat Indonesia untuk berbagi kebahagiaan Hari Raya Idul Adha 1439 H dengan saudara-saudara kita yang tengah dilanda bencana pasca gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sampai detik ini, tercatat 88 orang meninggal dunia, tiga lokasi mengalami kerusakan parah dan 134 jiwa masih mengalami perawatan serius.

Sementara itu, ribuan korban lainnya masih tinggal di posko-posko pengungsian sebab rumah mereka tak dapat lagi jadi tempat bernaung pasca gempa. Trauma karena takut ada gempa susulan membuat para korban memilih tinggal di jalan-jalan atau lapangan di sekitar rumah. Tak peduli dengan dinginnya angin malam dan panasnya terik matahari kala siang, yang penting mereka merasa lebih aman.

Masyarakat Lombok juga pasti ingin merasakan kebahagiaan di Hari Raya Qurban, sama seperti kita yang ingin menyiapkan hewan Qurban terbaik untuk disembelih. Dewan Syariah PPPA Daarul Qur’an KH Ahmad Kosasih mengatakan, melaksanakan Qurban adalah bentuk ketakwaan dan menunjukkan rasa syukur kita sebagai umatNya.  Hal itu juga terkandung dalam Surat Al Hajj ayat 37.

“Artinya : Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik,” tutur KH Kosasih.

Bukan hanya untuk Lombok, PPPA Daarul Qur’an bersama Qurban Istimewa (QUIS) juga mendistribusikan hewan Qurban ke berbagai daerah yang membutuhkan di dalam negeri maupun luar negeri seperti ratusan anak-anak penghafal Al Qur’an di Gaza Palestina, para pengungsi Rohingya yang saat ini mengungsi di Distrik Cox's Bazar dan daerah muslim minoritas di Filipina.

Mari berbagi kebahagiaan Qurban untuk mereka dengan cara :
1. Klik tombol "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih "NOMINAL" dengan klik "Panah Bawah" dan Sertakan Doa.
3. Isi form yang sudah tersedia dengan benar
4. Pilih metode pembayaran (Transfer Bank BCA, BRI, Mandiri, BNI Syariah dan BNI Virtual Account) dan jika sudah login bisa menikmati fasilitas "Komitmen Sedekah"
5. Transfer sesuai dengan kode unik yang terdapat di invoice yang sudah dikirim melalui email atau sms.
6. Jika menggunakan metode pembayaran BNI Virtual Account diharapkan sesuai dengan total biaya yang sudah ditambahkan dengan biaya admin bank.
7. Dapatkan update laporan program via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda.
(**Jika Anda mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan chat kepada kami dengan klik "Tombol Bantuan")

Update 1, Perjalanan Distribusi Sapi Qurban Istimewa sampai di Lombok Utara.
Oleh Ust. Lukmanul Hakim


Sumber : Dokumentasi Qurban Istimewa Daarul Qur'an sudah sampai di Lombok

Pagi Jumat, 17 Agustus 2018, sebagai wujud kesyukuran akan kemerdekaan Republik Indonesia, tim Quis bergerak dari Sadah Janapria Lombok Tengah, menuju Dusun Luk Desa Sambik Bangkol Gangga.

Amanah Qurban Istimewa Daarul Qur'an harus segera kami sampaikan. Setelah menempuh perjalanan sejauh 90 KM, tim Quis sampai di tujuan dengan selamat.

Perjalanan yang menguras perasaan karena sisa-sisa gempa masih terhampar sepanjang perjalanan. Puing-puing reruntuhan sudah mulai dibersihkan oleh para relawan menggunakan alat berat.

Perasaan kami semakin diaduk-aduk ketika sampai di lokasi pengungsian Dusun Luk Gangga. Deretan tenda, anak-anak yang riang gembira merayakan hari kemerdekaan di tengah cobaan yang mendera, serta para relawan yang bahu membahu saling menguatkan. Semoga kehadiran Quis Daarul Qur'an membawa keberkahan untuk mereka.

Menyambut Idul Adha dengan suka cita. Tersenyumlah, bergembiralah, bertakbirlah, Saudaraku. Kita satu, Indonesia. Kita satu, dalam iman. Bersama kita bangkit untuk Lombok yang semakin cerah. Aamiin.
 

Update 2, Idul Adha dan Berkah Warga Kampung Qur'an Rukem


Sumber : Dokumentasi Qurban Istimewa Daarul Qur'an di Kampung Qur'an Purworejo

Usai sholat Idhul Adha, warga Kampung Qur'an Rukem berbondong-bondong membawa kambing dari kandang mereka untuk disembelih di Mushola Miftahul Huda, Puworejo, Jawa Tengah, Rabu (22/8). Kambing-kambing itu merupakan amanah yang dititipkan para jamaah melalui PPPA Daarul Qur'an dan Daqu Agro Techno dalam program pembudidayaan kambing di Kampung Qur’an.

Kurang lebih sekitar tiga bulan kambing-kambing tersebut dipelihara warga sebagai stok hewan qurban. Pagi tadi sebanyak 25 kambing kualitas premium telah dipotong dengan berat di atas 25 kg. Kambing-kambing yang telah mereka budidayakan kemudian mereka sembelih berdasarkan nama yang diberikan oleh petugas QUIS (Qurban Istimewa) Daarul Qur’an sebagai pengelola dan penyaluran hewan qurban.

Kambing yang telah disembelih kemudian dagingnya dibagikan kepada warga Kampung Qur’an Rukem dan beberapa kampung lain di sekitarnya sebagai syiar akan berkahnya mendawamkan Alqur’an, ciri khas sebuah Kampung Qur’an.


Sumber : Dokumentasi Qurban Istimewa Daarul Qur'an di Kampung Qur'an Purworejo

Mas Subur (34), salah satu masyarakat, yang ikut dalam program pembudidayaan kambing mengaku sangat senang dengan adanya program tersebut. Beliau senang karena bisa membantu memelihara kambing qurban dari para jamaah, namun secara tidak langsung ia juga mendapatkan keuntungan dengan merawatnya sesuai dengan bobot target.

Berqurban pada hakikatnya adalah bentuk rasa takwa dan syukur untuk meraih keridhaan Allah SWT. Dari pelaksanaan Idul Adha hari ini, masyarakat Kampung Qur'an Rukem, Purworejo berterimakasih kepada para jamaah yang telah berkurban melalui Quis Daarul Qur’an sehingga mereka masih bisa merasakan nikmatnya daging qurban di tahun ketiga ini dan mendapatkan keberkahannya.

Update 3, Kebahagiaan Qurban di Lombok


Sumber : Dokumentasi Qurban Istimewa Daarul Qur'an lombok Utara

Lombok masih dalam duka, namun Idul Adha 1439 H di sana tetap berlangsung meriah meski sederhana. Tampak raut wajah bahagia dari ratusan masyarakat yang kini tinggal di tenda-tenda pengungsian. Mereka adalah warga Dusun Luk, Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dengan beralas terpal dan koran, warga melaksanakan sholat Ied di lapangan tempat mereka mengungsi. Doa-doa terbaik pun dipanjatkan usai khatib menyampaikan tausiyahnya. Mereka para ibu saling berpelukan, begitu juga para bapak yang berjabat tangan begitu erat untuk saling menguatkan pascagempa membuat rumah-rumah mereka rata dengan tanah.

Ratusan warga begitu antusias menyambut sapi qurban dari Qurban Istimewa (QUIS) amanah donatur PPPA Daarul Qur’an. Bapak-bapak dan anak muda bergotong royong menyembelih sapi, menguliti dan memotong daging. Ibu-ibu menyiapkan alat masak seadanya, kayu dan batu-batu dijadikan perkakas mengolah daging untuk disantap bersama di tenda-tenda pengungsian.

Panasnya langit Lombok siang itu tak menyurutkan semangat warga untuk mengolah hewan qurban. Isa yang merupakan Kepala Dusun Luk mengatakan, daging dibagikan kepada 600 Kepala Keluarga (KK) dari Dusun Luk Barat dan Dusun Luk Timur. Ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh donatur PPPA Daarul Qur'an.

“Warga kami sangat bahagia sekali, walaupun dalam suasana duka tapi mereka tetap berteguh hati menghadapinya. Mudah-mudahan untuk (seluruh Donatur) Daarul Qur'an senatiasa diberikan kesehatan, rezeki, umur panjang dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Kami ikut serta mendoakan khususnya kepada Daarul Qur'an, mudah-mudahan kedepannya lebih meningkatkan lagi seperti apa yang kami harapkan untuk bisalah datang ke tempat kami ini,” tutur Isa.

Bukan hanya di Dusun Luk, QUIS Daarul Qur’an juga mengirimkan hewan qurban ke Dusun Melempo, Desa Obel-Obel, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, NTB. Kemudian ke sejumlah daerah di pelosok Sumatera, Jawa dan Timur Indonesia serta di luar negeri yakni Palesina dan Filipina. Terima kasih kepada donatur yang telah berbagi kebahagiaan qurban untuk mereka yang membutuhkan.

 

150.000

Hamba Allah
23 August 18

Semoga Allah mengampuni dosa saya dan keluarga saya. Semoga Allah memberikan kelancaran rezeki bagi saya dan kemudahan dalam menjalani segala urusan. Aamiin


50.000

Muhamad Dwi Ariyono
23 August 18

Ingin lekas sembuh, dan bisa kembali dalam aktifitas seperti biasa di bulan september ini. Dan ingin umroh di bulan mei tahun 2019 dan kedepannya bersama keluarga dan kerabat


500.000

Hamba Allah
23 August 18

aamiin


50.000

Hamba Allah
23 August 18

Semoga Allah senantiasa melindungi sodara2 kita di lokasi NTB, dan ibadah qurban yg dilaksanakan mendapatkan berkah dari Allah SWT.


2.800.000

Novri Arfan
23 August 18

Semoga senantiasa diberikan kebaikan, kesehatan, kebahagiaan dan kesuksesan dunia dan akherat ...


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE