Beasiswa Santri Pesantren Takhassus

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Pesantren Takhassus adalah Mencetak generasi huffadz yang kuat, tangguh, berkarakter, berbudaya dan berakhlakul karimah.

3.65%
Rp. 1.824.283
15
14 Hari lagi
SHARE

 

Beasiswa Santri Pesantren Takhassus

pesantren takhassus pppa daarul quran .jpg

A) Definisi Pesantren Tahfdiz Daarul Qur’an Takhassus

Pesantren Tahfdiz Daarul Qur’an Takhassus adalah lembaga pendidikan tahfidz Al-Qur’an non formal setaraf SMP dan SMA dengan jenjang tiga tahun yang berkarakter, berbudaya dan berakhlakul karimah

B) Visi dan misi

  • Visi:

Mencetak generasi huffadz yang kuat, tangguh, berkarakter, berbudaya dan berakhlakul karimah.

  • Misi:

    1. Lulusan takhassus telah terbiasa mengamalkan daqu method

    2. Lulusan takhassus memiliki hafalan Al-Qur’an dan bersanad

    3. Lulusan takhassus memiliki jiwa yang kuat, tangguh, berkarakter dan berakhlaqul karimah.

C) Pengasuhan

Adalah dewan guru yang diamanahi dan ditugaskan oleh HRD atas rekomendasi dari menjement takhassus untuk menjalankan seluruh program dan kegiatan di pesantren takhassus sesuai dengan apa yang telah ditetapkan dalam SOP takhassus.

D) Santri

Adalah individu yang belajar dan menghafal AL-Qur’an di pesantren takhassus, baik berasal dari rumah tahfidz ataupun umum yang sudah lulus seleksi dan lulus klasifikasi oleh menejement takhassus

Syarat-Syarat ikut seleksi pesantren takhassus jenjang SMP dan SMA

  • Du’afa atau yatim duafa.

  • Cakap dan baik akhlaq

  • Siap mengikuti semua ketentuan yang ada di program takhassus.

  • Mempunyai hafalan minimal SMP 3 juz dan SMA 5 juz.

  • Lulus seleksi.

E) Hak dan kewajiban santri

Hak Santri :

  • i.Mendapatkan uang transport dari rumah dari daerah masing-masing ke pesantren juga sebaliknya ketika liburan semester.

  • Mendapatkan fasilitas sarana asrama, lemari dan kasur+bantal.

  • Mendapatkan seragam dan buku paket.

  • Mendapatkan pembinaan dan pengajaran.

  • Tercukupi kebutuhan makan setiap hari.

  • Mendapatkan fasilitas ujian paket atau persamaan di tahun ke-3.

  • Diikutkan dalam ujian sanad di Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an.

  • Mendapatkan ijazah pesantren dan syahadah Qur’an atau sanad bila memenhi kriteria kelulusan.

Kewajiban Santri :

  • saat dan patuh kepada Allah dan Rasulullah dimanapun dan kapanpun.

  • Percaya dan taat kepada Pimpinan dan PengasuhPesantren Tahfidz Daarul Qur’an Takhassus, serta melaksanakan segala bimbingannya dengan sungguh-sungguh dalam segala bidang tanpa membantah.

  • Taat dan patuh kepada peraturan dan kebijakan yang berlaku di lembaga.

  • Mentaati segala disiplin, peraturan dan sunahdi Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Takhassus, serta segala kebijakan Pimpinan dan PengasuhPesantren Tahfidz Daarul Qur’an Takhassus beserta jajarannya dan tidak akan melakukan perbuatan yang tidak dibenarkan oleh Pimpinan dan Pengasuh.

  • Mentaati segala disiplin pendidikan dan pengajaran dengan penuh kesungguhan, ketekunan dan keikhlasan.

  • Menerima segala tindakan yang diberikan oleh atau atas nama Pimpinan dan PengasuhPesantren Tahfidz Daarul Qur’an Takhassus.

  • Menghafal al-Qur’an dan berpegang teguh kepada aqidah yang benar serta menjadikan Daqu Methode sebagai pakaian sehari-hari.

  • Harus menunjukkan prestasi belajar yang memuaskan dengan dibuktikan capaian hafalan 30 juz dalam 1 tahun, berdisiplin dan berakhlaqul kariimah.

  • Selepas studi, santri jenjang SMA wajib mengabdi di Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an, baik pusat maupun cabang, rumah tahfidz dan atau di unit lainnya yang merupakan lembaga di bawah Yayasan Daarul Qur’an dengan jangka waktu minimal 1 tahun.

  • Santri tidak diperbolehkan untuk mengundurkan diri dari program ini sebelum menyelesaikan program takhassus

Anda bisa terlibat mendorong langkah para santri untuk mewujudkan mimpi membangun dunia dengan Al Qur'an dengan cara :
1. Klik tombol "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih "NOMINAL" dengan klik "Panah Bawah" dan Sertakan Doa.
3. Isi form yang sudah tersedia dengan benar
4. Pilih metode pembayaran (Transfer Bank BCA, BRI, Mandiri, BNI Syariah dan BNI Virtual Account) dan jika sudah login bisa menikmati fasilitas "Komitmen Sedekah"
5. Transfer sesuai dengan kode unik yang terdapat di invoice yang sudah dikirim melalui email atau sms.
6. Jika menggunakan metode pembayaran BNI Virtual Account diharapkan sesuai dengan total biaya yang sudah ditambahkan dengan biaya admin bank.
7. Dapatkan update laporan program via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda.
(**Jika Anda mengalami kesulitan di Sedekahonline.com bisa mengirimkan pesan chat kepada kami dengan klik "Tombol Bantuan")

(Update 2), Aku Ingin Jadi Sutradara dan Kuliah di Australia

Al qur’an membawa berkah cahaya di hati Nur Azizah. Awalnya, ia sama sekali tak menyangka bisa menghafal ayat-ayat suciNya. Baginya menghafal Surat Yasin saja sulit apa lagi 30 juz. Namun, sentuhan pendidikan orangtua telah membimbingnya untuk mencintai Alqur’an. Keprihatinannya terhadap lingkungan dan pergaulan bebas di Kota Gajah membulatkan tekad Azizah menghafal Alqur’an.

“Aku takut gak kuat iman dan terbawa arus tidak baik. Aku yakin Alqur’an akan menuntunku ke jalan yang lurus,” ujarnya.

Melalui tangan Ustad Khoirudin (Koordinator Rumah Tahfizh wilayah Lampung), keinginannya meninggalkan kota Gajah dan menghafal Alqur’an tercapai. Setelah melalui tahap seleksi, Azizah dan kedua temannya pergi untuk menginjakkan kaki di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus, Cilegon, Banten. Tanpa bekal jumlah hafalan, gadis manis ini memulai semuanya dari nol.

Awalnya Azizah kesulitan menghafal. Selama tiga bulan mondok di Cilegon ia hanya mendapatkan 3 juz. Azizah kemudian bermukim di Takhassus Bangun Reksa, Ciledug, Banten. Di sana, ia mulai mendapatkan kemajuan pesat. Dalam empat bulan ia menghafal 18 juz. Sampai akhirnya Azizah berhasil merampungkan hafalan pada 14 November 2017.

“Ibu bahagia dengarnya. Nangis,” tuturnya.

Azizah yakin apapun yang ia cita-citakan, akan dengan mudah diraihnya jika dekat dengan Alqur’an. Azizah juga bertekad untuk menguasai Bahasa Inggiris guna meraih mimpinya di Negeri Kangguru. “Aku ingin jadi sutradara dan kuliah di Australia. Aku mau membuat sebuah kisah untuk hidupku dan bermanfaat bagi umat,” ucapnya.

Melalui Pesantren Takhassus, PPPA Daarul Qur’an berupaya menjembatani anak-anak muda seperti Azizah yang berkeinginan kuat menghafal Alqur’an dan meraih cita-cita. Saat ini sudah berdiri 10 pesantren takhassus di Indonesia. Semoga cita-cita para santri terwujud dan kelak mereka akan jadi pemimpin yang berkarakter Qur’ani. Aamiin.

 

(Update 1), Mengabdi untuk Qur'an di Kampung Halaman


Dokumentasi : Santri Takhassus Cikarang

Bagi Mufidatun Nufus, menghafal Al Qur’an adalah kegiatan menarik. Keinginannya menjadi hafidzah tumbuh sejak kelas 5 Sekolah Dasar (SD). Ia terinspirasi dari sang kakak yang lebih dulu menjadi penghafal Al Qur’an.

“Awalnya tertarik karena melihat kakak. Tapi, lama-lama saya berfikir bahwa menghafal Al Qur’an adalah kewajiban saya sebagai umat Muslim,” ujar remaja asal Serang, Banten itu.

Cara Mufidatun dalam menghafal Al Qur’an adalah mengulang ayat demi ayat sampai satu halaman, terus diulang sampai lancar. Jika ada ayat yang sulit, ia membaca terjemahan untuk memudahkannya mengingat hafalan.

“Selain usaha menghafal, jangan lupa berdoa sama Allah SWT,” tambah gadis berusia 14 tahun.

Rasa syukur Mufidatun panjatkan atas nikmat kesempatan menjadi seorang penghafal Al Qur’an. Suka duka hidup di pesantren pun tak luput sebagai warna-warni perjalanannya. Dukungan kedua orangtuanya yakni Mun’im dan Siti Masitoh selalu mengalir pada Mufidatun lewat doa.

“Saya ingin membahagiakan kedua orangtua. Lalu mengabdi di kampung halaman selepas lulus dari Takhassus,” ungkapnya.

Pada 20-21 Oktober ini, Mufidatun mengikuti ujian Tasmi’ Hifdzil Qur’an yakni membacakan seluruh hafalan 30 juz di depan para guru dan santri Pesantren Takhassus Cikarang, Jawa Barat. Setelah lulus nanti ia bercita-cita mengabdi di kampung halamannya.

"Saaya ingin mendawamkan Qur’an di rumah supaya keluarga dan warga di kampung semuanya dekat dan cinta dengan Alqur'an," tuturnya.

Mufidatun adalah salah satu dari ratusan santri yang tengah belajar dan menghafal Qur’an di 10 Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus. Atas dukungan dari seluruh masyarakat, jemaah dan donatur PPPA Daarul Qur’an, mereka bisa menghafal Alqur’an.

Anda bisa terlibat membantu para santri wujudkan mimpi-mimpi mereka melalui sedekahonline.com atau langsung menjadi wali dan memilih langsung santrinya lewat beasiswa.sedekahonline.com.

100.000

Hamba Allah
16 November 18

Semoga diberikan keturunan yg sholeh dan sholehah..


50.000

Hamba Allah
16 November 18


20.000

Hamba Allah
09 November 18

Bismillahirrahmanirrahim... Allahumma shalli ala sayyidina muhammad... Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan lahir dan batin, Rezeki berkah, kesuksesan, keselamatan, pertolongan, rahmat, meridhoi di dunia dan akhirat, dilindungi dari siksa api neraka, siksa kubur, fitnah kehidupan dan kematian serta fitnah dajjal... Semoga Allah SWT menjadikan kami ahli tahajud, dhuha, sedekah, sholat, zakat, dzikir, shalawat, puasa dan Al Quran... Semoga kami bisa haji dan umrah, beli rumah yang berkah dekat masjid, beli sepeda, sepeda motor dan mobil yang selalu digunakan untuk ibadah... Semoga saya dan keluarga mutasi kerja di surabaya sampai pensiun... Aamiin Ya Rabbal Alamin... Allahumma shalli ala sayyidina muhammad... ,


100.000

warjono
03 November 18

niat isun sodakoh karena Allah swt. ya ALLAH TERIMALAH SODAKOH DARI HASIL USAHA WARUNG BAKSO IKO KULA MENIKO. YA ALLAH jadikan usaha kami maju pesat ,dan dagangan kami laris barokah. tingkat kan omset dan keuntungan ,penghasilan warung bakso iko. jadikan usaha kami meningkat menjadi restoran bakso iko,mempunyai banyak cabang bisa mengusai perdagangan di indramayu dan sekitarnya. ya Allah berilah kami rizki yang banyak dan baik berilah kemudahan untuk mendapatkannya tidak susah payah dan tidak terbatas. berilah rizki yang tidak disangka sangka. dengan mukzizat sodakoh kabulkan doa kami ,mudahkan urusan kami


50.000

Widya Rahayu
26 October 18

Bismillahirrahmanirrahim Doa khusus sekarang semoga saya segera dapat mutasi kerja dekat dengan keluarga dan pengurusannya dapat dipermudah. Aamiin


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE