Bangun Rumah Tahfizh untuk Anak-anak Lembanna

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Rumah Tahfizh untuk Anak-Anak Gunung Bawakaraeng, PPPA Daarul Qur'an berikhtiar membangun Kampung Qur'an di kaki Gunung Bawakaraeng

OPEN GOAL
Rp. 31.643.022
153
SHARE

 

Sejak 2015, PPPA Daarul Qur'an berikhtiar membangun Kampung Qur'an di kaki Gunung Bawakaraeng. Program pemberdayaan masyarakat berbasis Tahfizhul Qur'an menjadi misi besar di Kampung Lembanna, Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan di bawah pendampingan Ustad Syarif.

Selain itu, layanan Pendidikan Anak Usia Dini (20 santri), Taman Pendidikan Alqur’an (50 santri), Kelas Tahfizhul Qur’an (12 santri), dan Majelis Ta'lim menjadi program pendukung kegiatan Kampung Qur'an  ini. Kegiatan kelas tahfizh dilakukan setiap sore dengan model setoran rutin.

Melihat respon dan minat yang tinggi dari masyarakat setempat, pengembangan program tahfizh dengan membangun Rumah Tahfizh Daarul Qur'an Lembanna menjadi kebutuhan yang strategis. Fasilitas rumah tahfizh ini diharapkan menjadi sarana komplet pengkaderan Tahfizhul Qur'an di Sulawesi Selatan.

Prosesi peletakan batu pertama pembangunan telah dilakukan KH Ahmad Kosasih (Dewan Syari'ah Daarul Qur'an), Direktur Utama PPPA Daarul Qur’an Muhammad Anwar Sani serta sejumlah tokoh masyarakat Lembanna. Batu diletakkan di atas tanah seluas 200 meter tidak jauh dari Masjid Kampung Qur'an Lembanna pada Jumat (31/8) lalu.

Dengan fasilitas layanan standar Rumah Tahfizh  beserta Taman Baca yang dapat diakses anak-anak Kampung Lembanna, anggaran dana yang dibutuhkan sebesar Rp157 juta. Semoga kader hafizh/hafizah dari pelosok Sulawesi Selatan segera tumbuh dan membawa banyak kebaikan. Aamiin.

Untuk Mendukung Program ini Caranya :
1. Klik tombol "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih "NOMINAL" dengan klik "Panah Bawah" dan Sertakan Doa.
3. Isi form yang sudah tersedia dengan benar
4. Pilih metode pembayaran (Transfer Bank BCA, BRI, Mandiri, BNI Syariah dan BNI Virtual Account) dan jika sudah login bisa menikmati fasilitas "Komitmen Sedekah"
5. Transfer sesuai dengan kode unik yang terdapat di invoice yang sudah dikirim melalui email atau sms.

6. Jika menggunakan metode pembayaran BNI Virtual Account diharapkan sesuai dengan total biaya yang sudah ditambahkan dengan biaya admin bank.
7. Dapatkan update laporan program via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda.
(**Jika Anda mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan chat kepada kami dengan klik "Tombol Bantuan")

UPDATE 4: Alhamdulillah, Rumah Tahfizh Daarul Qur’an Lembanna Telah Berdiri


Sumber : Dokumentasi Rumah Tahfizh Lembanna PPPA Daarul Qur'an Makassar

Pagi itu keceriaan terukir dari wajah anak-anak dari kaki Gunung Bawakaraeng. Kedatangan tim PPPA Daarul Qur’an Makassar pada Sabtu (6/4/2019) disambut gerombolan anak-anak yang berlarian menuju bangunan baru ini. Tepatnya di Kampung Lembanna, Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, telah berdiri Rumah Tahfizh Daarul Qur’an sebagai pusat pembelajaran tahfizhul Qur’an.

Bermula dari peletakan batu pertama pada 31 Agustus 2018 lalu, kini bangunan semi permanen dari susunan kayu dan plafon gamacca terlihat menyatu dengan kearifan kampung. Dinginnya udara Lembanna diikuti curah hujan yang tinggi dan tanah longsor di sejumlah titik, membuat pembangunan sempat beberapa kali terhenti.

Alhamdulillah, kini bangunan rumah tahfizh sudah berdiri dan proses pembangunan telah dianggap selesai. Pusat pembelajaran tahfizh untuk anak-anak Lembanna yang terangkum dalam program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Pembelajaran Al-Qur’an (TPA), dan Kelas Tahfizh warga telah dimulai. Program tersebut dilaksanakan dalam dua ruangan ukuran tiga kali lima meter yang sanggup menampung 25 santri di setiap ruangannya.

Selain itu, rumah tahfizh juga menyediakan ruang perpustakaan dan ruang bermain yang edukatif untuk santri seluas tiga kali 10 meter lengkap dengan taman kecilnya. Fasilitas ruang pertemuan internal sekaligus sebagai ruang guru dan tiga kamar mandi turut melengkapi kebutuhan santri. Untuk menambah daya tarik, halaman rumah tahfizh dipasangkan ukiran aksara lontara khas Makassar. Sementara anak-anak berebut merangkai setiap petakan alas busa untuk ruang belajar baru mereka; berharap menjadi alas belajar nyaman mengingat suhu lembana yang dingin.

Ucapan terima kasih diucapkan oleh warga Kampung Qur’an Lembanna kepada seluruh donatur yang turut mendukung proses pembangunan Rumah Tahfizh Daarul Qur’an Lembanna. Semoga kehadiran rumah tahfizh ini bisa memberikan semangat kepada para warga Lembanna untuk lebih memuliakan al-Qur'an hingga terlahir generasi baru penghafal al-Qur’an. Aamiin.

 

UPDATE 3, Menuju Finishing Rumah Tahfizh Lembana


Sumber : Dokumentasi Pembangunan Kampung Qur'an Lembanna Makassar

Bangunan Rumah Tahfizh Daarul Qur’an kini telah terlihat berdiri di atas tanah tanah ukuran 217,5 meter persegi Kampung Qur’an Lembana, Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Makasar. Pembangunan yang menginjak bulan ketiga ini telah mewujudkan bangunan yang hampir siap pakai. Proses pembangunan ini telah mencapai 80 % dari rancangan awal. Rencananya, minggu ini dilakukan pengerjaan lantai, cat, dan finishing bangunan.

Harapannya, Rumah Tahfizh ini siap beroperasional di awal tahun 2019 nanti sebagai layanan kegiatan tahfizh warga dan anak-anak Kampung Lembana. Keterlibatan warga masyarakat Kampung Lembana yang turut aktif bergotong royong dalam pembangunan sangat membantu percepatan berdirinya Rumah Tahfizh. Antusias warga semakin tinggi menanti proses finishing bangunan agar segera siap digunakan untuk kegiatan tahfizhul Qur’an.


Sumber : Dokumentasi Pembangunan Kampung Qur'an Lembanna Makassar

Kami mengucapkan jazakumullah khoiron kepada seluruh sahabat dan donatur yang telah mensuport pembangunan Rumah Tahfizh Lembana. Semoga keberadaan Rumah Tahfizh Lembana ini menambah semangat gerakan tahfizh dan melahirkan hafizh/hafizhah dari pelosok Makasar, Aamiin.

 

UPDATE 2, Gamacca untuk Rumah Tahfizh Lembanna



Sumber : Dokumentasi Pembangunan Kampung Qur'an Lembanna Makassar

Pimpinan PPPA Daarul Qur’an Makassar Dena Fadillah mengatakan, pihaknya memilih Gamacca untuk pembangunan Rumah Tahfizh Lembanna, Makassar, Sulawesi Selatan. Gamacca adalah anyaman bambu yang memiliki banyak fungsi. Bahan bakunya terbuat dari bambu muda.

Dalam kehidupan sebagian besar masyarakat di pedesaan Bugis Makassar, gamacca berfungsi sebagai dinding rumah pengganti papan. Hingga kini, jika menelusuri sejumlah perkampungan di Sulawesi Selatan (Sulsel), Gamacca masih didapati di sebagai dinding rumah warga.

Alhamdulillah, pembangunan Rumah Tahfizh Lembanna sudah dalam tahap pemasangan Gamacca dipilih langsung dari pengrajin terbaik di Sulsel,” ujar Dena.

Ia mengatakan, pemilihan kayu sebagai material tiang atau rangka bangunan juga harus diperhatikan. Kayu yang digunakan untuk tiang Rumah Tahfizh Lembanna merupakan kayu dari sumbangan swadaya masyarakat. Warga berinisiatif mengambil sendiri kayu-kayu di sekitar rumah mereka.

"Alhamdulillah, tiang-tiang rangka atap sudah berdiri dan semua kayu yang digunakan merupakan sumbangan dari masyarakat," tutur Dena.

Dena mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut terlibat dalam pembangunan Rumah Tahfizh Lembanna. “Kami berterima kasih kepada para sahabat dan donatur yang telah berpartisipasi. Semoga kebaikan Bapak/Ibu semuanya Allah Ta'ala balas dengan pahala yang berlipat ganda. Aamiin,” harapnya.

 

UPDATE 1, PATUNGAN BANGUN RUMAH TAHFIZH DI KAKI GUNUNG BAWAKARAENG

 


Sumber : Dokumentasi Pembangunan Kampung Qur'an Lembanna Makassar

PPPA Daarul Qur’an Makassar berencana membangun Rumah Tahfizh Daarul Qur'an di tanah seluas 217,5 meter persegi tepatnya di Kampung Qur'an Lembanna, Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggi Moncong Kabupaten Gowa, tepat di pos pertama pendakian menuju Gunung Bawakaraeng.

Tanah yang luasnya 217,5 Meter persegi itu membutuhkan anggaran Rp. 155.540.000 untuk membangun Sebuah Rumah Tahfidz yang insyaAlloh akan digunakan tempat belajar  anak-anak setiap harinya.

Saat ini, 100 Santri sudah rutin belajar Alqur'an di masjid sekitar yang terbagi dalam beberapa program diantaranya PAUD, TPA dan kelas Tahfizh. Semoga dengan adanya kelas baru dan tempat baru ini, menjadikan anak-anak lebih semangat lagi dalam belajar Alqur’an.

Dari total anggaran yang diperlukan sebanyak Rp155.540.000 ini jika dibagi dengan luas tanah 217,5 Meter Persegi, maka harga pembangunan sebesar Rp.716.000/MeterPersegi.

Selasa (25/9) telah dilaksanakan pemasangan pondasi Rumah Tahfizh Daarul Qur'an. Proses pembangunan tergolong sangat cepat karena masyarakat sekitar juga ikut terlibat bergotong-royong dalam pembangunannya. Mereka bergiliran bertugas setiap hari agar ada yang membantu tukang yang sudah disiapkan.

"Baru dua hari pembangunan, pemasangan pondasi sudah hampir selesai. Sudah seperti Bedah Rumah,” tutur Pak Imam Ansar, salah satu Imam di Masjid Kampung Qur'an Lembanna.

Ada sedikit kendala pada proses pembangunan Rumah Tahfizh ini, pasir dan batu saat ini belum bisa terdistribusi menuju tempat pembanguna, pasalnya Jembatan utama menuju Kampung Qur'an Lembanna rusak, sehingga mobil yang muatannya cukup berat tidak bisa melewati jembatan tersebut. Jadi sementara, warga berinisiatif mengambil batu dan pasir di lingkungan sekitar.

"Jembatannya mau kita perbaiki dulu bersama masyarakat, saat ini warga lagi ambil kayu di hutan untuk perbaiki jembatan kalo dipaksakan lewat khawatir tandas,” tutur Imam.

Kami ucapkan jazakumullah khairan kepada seluruh donatur yang telah membantu dalam proses pembangunan ini. Semoga kebaikan bapak/ibu semuanya dibalas oleh Alloh Subhanahu Wa Ta'ala.

Kami mengajak kepada seluruh Jamaah dan Donatur untuk ikut serta berpartisipasi dalam ladang jariyah ini.

Diperlukan 218 orang yang mau ikut berdonasi sebesar 716rb atau Diperlukan 1000 orang yang mau ikut berdonasi sebesar 155rb untuk membantu menyelesaikan pembangunan Rumah Tahfidz ini.

100.000

Hamba Allah SWT
20 April 19

Doa أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْم بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّم عَلَى سَيْدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيْدِنَا مُحَمَّدٍ ,صَلَاةً نَكُونُ بِهَا مَحْبُوبِينَ لَكَ وَ مَحْبُوبِينَ لَهُ فِي عَافِيَة يا الله


50.000

Intizom Khair Ismail
19 April 19


100.000

Effal satrio
17 April 19

Ya Allah biha.. Ya Allah biha.. Ya Allah bikhusnil khotimah..


100.000

Tania
12 April 19

Semoga segala hajat diijabah Allah SWT


500.000

Hamba Allah
05 April 19


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE