Bangun Ruang Belajar Santri Yatim Gunung kidul

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Sejak berdirinya Panti Asuhan Rumah Sejahtera pada 2014 lalu, tempat ini menjadi rumah anak-anak yatim di Komplek Masjid Al-Huda Kuwon, Tembesi,

67.55%
Rp. 67.552.471
183
16 Hari lagi
SHARE

 

Sejak berdirinya Panti Asuhan Rumah Sejahtera pada 2014 lalu, tempat ini menjadi rumah anak-anak yatim di Komplek Masjid Al-Huda Kuwon, Tembesi, Ponjong, Gunungkidul. Hingga sekarang, Rumah Sejahtera tersebut telah mengasuh 58 santri mukim dan 102 santri nonmukim.

Selain menjalani pendidikan di sekolah formal layaknya anak-anak pada umumnya, para santri juga dibekali dengan pendidikan tahfizhul Qur’an. Setoran serta muraja’ah hafalan Qur’an menjadi rutinitas mereka setiap bakda subuh dan magrib. Sisanya mereka fokus pada pendidikan formal untuk mengejar cita-cita mereka masing-masing.

Saat ini, Panti Asuhan Rumah Sejahtera telah bekerja sama dengan Rumah Tahfizh Daarul Qur’an. Standar kurikulum pembelajaran tahfizh disesuaikan dengan program Rumah Tahfizh untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hafalan para santri. Kini jumlah santri terus mengalami peningkatan sehingga dibutuhkan perluasan ruang belajar tambahan.

Sebenarnya, pembangunan ruang belajar tambahan telah dilakukan sejak 2018 lalu berupa aula untuk kegiatan belajar santri. Namun karena keterbatasan dana, proses pembangunan terpaksa harus dihentikan. Hingga saat ini, kegiatan belajar-mengajar para santri masih menumpang di masjid terdekat.

Bantuan dari para donatur sangat dibutuhkan Panti Asuhan Rumah Sejahtera untuk melanjutkan proses pembangunan ruang belajar dan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari santri. Semoga bantuan para jamaah menjadi bagian dari amal jariah kita semua. Aamiin.

Untuk Mendukung Program ini Caranya :

1. Klik tombol "SEDEKAH SEKARANG".
2. Masukkan "NOMINAL" yang anda inginkan dan "Sertakan Doa terbaik Anda".
3. Pastikan Anda sudah mengisi form yang tersedia dengan benar.
4. Pilih metode pembayaran (Transfer Bank BCA, BRI, BNI Syariah dan Virtual Account BNI) dan jika sudah login bisa medapatkan "kemudahan dalam bertaransaksi"
5. Lakukan transfer sesuai dengan Informasi yang terdapat di invoice yang dikirim melalui email atau sms.

6. Jika menggunakan metode pembayaran Virtual Account diharapkan melalukan pembayaran sesuai dengan total biaya yang sudah ditambahkan dengan biaya admin bank.
7. Pastikan email Daarul Qur'an dan Sedekah Online berada di "kotak masuk/primary Anda" untuk mendapatkan update laporan program melalui email.

(**Jika Anda mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan chat kepada kami dengan klik "Tombol Bantuan")

UPDATE 2: Pembangunan Ruang Tahfizh Gunung Kidul Kembali Dimasifkan

Sabtu (22/6/2019), proses pembangunan Panti Asuhan Rumah Sejahtera kembali terlihat. Masyarakat sekitar turut serta membantu pemasangan papan cor dan pengecoran. Pembangunan ini kembali masif setelah satu tahun terhenti akibat keterbatasan dana pembangunan.
 
Alhamdulillah, berkat bantuan yang terkumpul bersama PPPA Daarul Qur’an, Senin (8/4/2019) lalu telah disalurkan material bangunan. Pengurus Panti Asuhan segera bergerak untuk melanjutkan pembangunan ruang tahfizh dua lantai yang diperkirakan dapat menampung sekitar 200 santri dhuafa untuk belajar dan menghafal al-Qur’an. Warga sekitar juga turut andil bergotong royong untuk mempercepat proses pembangun.
 
Rencananya, gedung yang tengah dibangun ini akan digunakan untuk ruang tahfizh santri, kantor guru-guru pengajar, dapur, ruang makan, aula, dan kamar santri yang mukim. Winda, salah satu pengasuh Panti Asuhan Rumah Sejahtera, berharap bangunan ini kelak dapat menampung lebih banyak anak asuh. Mengingat lokasinya yang terpencil dan minim lembaga sosial yang fokus kepada anak-anak dhuafa.

Para santri sangat berharap agar ruang tahfizh baru mereka dapat segera selesai. Agar mereka segera memiliki tempat belajar dan istirahat yang nyaman.

Mari terus salurkan sedekah para donatur untuk mempercepat pembangunan ruang tahfizh di Panti Asuhan Rumah Sejahtera yang terletak di Komplek Masjid al-Huda Kuwon, Tembesi, Ponjong, Gunungkidul. Dengan membantu para santri ini, semoga para donatur mendapatkan balasan kebaikan yang berlimpah dari Allah SWT. Aamiin.

 

UPDATE 1: Material untuk Pembangunan Ruang Tahfizh Disalurkan


Sumber : Dokumentasi Penyaluran bantuan PPPA Daarul Qur'an santri yatim Yogyakarta

Tim PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta mendatangi Panti Asuhan Rumah Sejahtera pada Senin (8/4/2019). Kedatangan tim disambut senyum keceriaan puluhan santri  yang tinggal di daerah Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul, DI. Yogyakarta itu. Para santri langsung antusias membantu tim untuk menurunkan berbagai material bangunan dari mobil los bak.
 
Material ini terdiri dari kayu dan papan cor yang akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan ruang belajar santri yang sudah terhenti sejak 2018 lalu. Beberapa material lain seperti semen, pasir, besi, bondek, dan wermes juga akan dikirimkan kembali. Rencananya proses pembangunan akan dimulai pasca lebaran 2019 ini, mengingat padatnya kegiatan di bulan Ramadan.
 
Sejak berdiri 2014 lalu, jumlah santri terus mengalami peningkatan hingga saat ini terdapat 58 santri mukim dan 102 santri nonmukim. Selain menjalani pendidikan di sekolah formal layaknya anak-anak pada umumnya, para santri juga dibekali dengan pendidikan tahfizhul Qur’an. Setoran serta muraja’ah hafalan Qur’an menjadi rutinitas mereka setiap bakda Subuh dan Maghrib.

Sumber : Dokumentasi Penyaluran bantuan PPPA Daarul Qur'an santri yatim Yogyakarta

“Terima kasih kepada para donatur, semoga ruang belajar ini membawa berkah dan manfaat. Tidak hanya memberikan wadah untuk tempat para santri, tetapi juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar karena panti asuhan ini juga terbuka untuk umum,” tutur pengasuh Panti Asuhan Rumah Sejahtera Ustadz Faizuz.
 
Kini ratusan santri lebih merasa tenang karena sebentar lagi mereka akan memiliki ruang belajar tahfidz yang lebih nyaman. Terima kasih kepada seluruh donatur. Semoga proses pembanguan ruang tahfizh di Panti Asuhan Rumah Sejahtera diberikan kelancaran, dan dapat segera dimanfaatkan untuk kegiatan tahfizh. Aamiin.[]

150.000

Mitha
12 July 19

Semiga dimudahkan rezeki


50.000

Nur
12 July 19


100.000

galuh
10 July 19

semoga saya mutiara galuh rakasiwi binti nardi diberikan kesehatan untuk bayi yang ada dalam kandungan, semoga kehamilan saya lancar sampai persalinan, anak yang saya kandung sehat tanpa kurang suatu apapun. aamiin


150.000

Erlinda
07 July 19


100.000

Ivanna
02 July 19

Ya Allah...Semoga tahun ini hambamu bs menikah dgn jodoh dunia akhiratku...Mjd keluarga sakinah, mawaddah dan warohmah...Kelak di karunia anak kandung yg kembar yg kelak mjd penghafal2 Al Quran.....Dan, semoga tahun ini bs umroh brg suami dan ortu....Aamiin....Ya Allah kabulkanlah segala apa yg mjd hajat hambamu di tahun ini....Aamiin...Ya Allah, semoga engkau sll melindungi hambamu ini dan keluargaku serta seluruh kaum muslimah dan muslimin dari bencana, maksiat dan dosa2.....Serta engkau jadikan kami sll istiqomah di jalan-Mu...Aamiin


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE