Mobile Qur'an Indonesia

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Mobile Qur’an (MOQU) datang memberikan motivasi kepada anak-anak untuk semakin dekat dengan Al-Qur'an. Melalui dongeng ceria atau cerita islami.

3.16%
Rp. 1.577.714
13
9 Hari lagi
SHARE

 

Alhamdulillah, tim Mobile Qur’an (MOQU) PPPA Daarul Qur’an telah usai menjelajahi Sumatera Selatan dan Lampung mulai dari 26 sampai 31 Maret lalu. Begitu banyak cerita di setiap detik perjalanannya.

Betapa bahagianya tim MOQU lantaran dakwah Qur’annya disambut baik anak-anak Sumatera dan Lampung mulai dari Palembang, Banyuasin, Ogan Ilir sampai ke Lampung Selatan, Tengah dan Utara.


(Dokumentasi : PPPA Daarul Qur'an 

Sebanyak 1340 anak pada lima sekolah dan lima rumah tahfizh atau Taman Pendidikan Al Quran) mendapat motivasi Qur’an dari layanan MOQU. Beragam begitu tampak dari wajah-wajah polos para santri.

Mulai dari tertawa saat melihat video kartun Islami yang lucu, serius mendengarkan cerita anak penghafal Al Quran, sampai menangis terseduh karena ingin memberikan hadiah surga ke orang tua saat sesi muhasabah.

Perjalanan paling berkesan adalah saat MOQU tiba di Rumah Tahfizh Al Ikhlas yang terletak di Desa Tanjung Baru Seberang Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Hujan yang selalu turun tiga minggu terakhir ini membuat air Sungai Ogan meluap dan merendam rumah-rumah di sekitarnya. Tidak terkecuali Rumah Tahfizh Al Ikhlas.

Walaupun dalam keadaan banjir, anak-anak tetap berdatangan ke Rumah Tahfizh untuk belajar. "Kami sudah terbiasa mengaji di sini kak, jadi biar banjir tetap aku datang," kata Eko (12 tahun) saat ditanya alasannya tetap mengaji meski harus menerobos banjir.

Meski lokasi berpindah ke halaman Diniyah Al Barokah lantaran rumah tahfizh mereka terendam banjir, tapi para santri tetap semangat dan justru sangat tak sabar menanti aksi MOQU.

Semangat bocah-bocah mungil untuk menghafal Al Qur’an meninggalkan kesan yang dalam bagi tim MOQU. Semoga semangat menghafal Qur’an yang dibawa MOQU melekat dalam diri para santri, Aamiin.

(Update 2) Roadshow Mobile Qur'an Bersama Imam Muda

Siang itu, cuaca cukup terik namun tidak menjadi penghalang anak-anak untuk menghadiri acara yang begitu mereka nantikan yakni Roadshow Mobile Qur'an (MoQu) bersama Kampung Dongeng SumSel dan Imam Muda Daarul Qur'an, Rumah Qur'an Madani, Talang Kramat, Banyuasin, Sumatera Selatan, Sabtu (19/5).

Ketika acara dimulai, anak-anak tampak antusias mengikuti. Penampilan dari para santri imam muda yang membawakan hafalannya semakin memotivasi bocah-bocah mungil di Rumah Qur"an Madani untuk menjadi penghafal Alqur'an. Ditambah pertunjukkan dongeng dari Kak Ninuk dan atraksi sulap dari Kak Dwi makin memeriahkan acara. Raut bahagia tampak dari wajah anak-anak.

Ketua Rumah Qur'an Madani, Ummu Syafa tak menyangka akan kehadiran imam-imam muda dalam Roadshow MoQu. Kami benar-benar senang kedatangan kakak-kakak imam muda dan MoQu. Saya harap, kegiatan seperti ini sering-sering dilakukan karena sangat bermanfaat untuk mereka mengingat bukan anak-anak saja yang hadir tetapi juga ibu-ibu yang ada di sekitar rumah Qur'an, ucapnya.

Selain Rumah Qur'an Madani beberapa tempat yang telah dikunjungi dalam Roadshow MoQu ini juga telah dilaksanakan di Rumah Belajar Al Ikhlas, PAUD Najmah, PAUD Anak Bangsa, dan MI Mujahidin. Andiwijaya, penanggung jawab kegiatan mengatakan Roadshow MoQu bersama Kampung Dongeng SumSel ini akan dilaksanakan selama bulan Ramadan di berbagai sekolah, PAUD, TK/TPA, rumah Qur'an di kota Palembang.

"Roadshow Mobile Qur'an kami gelar sebagai syiar dakwah untuk mengajak anak-anak dan orangtua dekat dan cinta Al Qur'an,ucapnya.

 

(Update 1) Mobile Qur'an Goes to Tasikmalaya


Mobile Qur'an (MoQu) PPPA Daarul Qur'an kembali berjelajah. Kali ini layanan belajar Qur’an berbasis teknologi multimedia ini akan berkunjung ke Tasikmalaya, Jawa Barat pada 8-13 Mei 2018.

Sasaran program bertema “Mobile Qur'an Goes to Tasikmalaya” ini adalah TPA dan sekolah di daerah pelosok serta marginal yang tersebar di enam kecamatan. Kecamatan Cisayong, Gunung Tanjung, Salopa, Leuwisari, Selawu, dan Mangkubumi menjadi target utama MoQu.

“Cerita islami, nonton bareng video islami, serta motivasi One Day One Ayat (ODOA) dan Daqu Value adalah materi yang akan kami sampaikan kepada peserta,” ujar Koordinator MoQu PPPA Daarul Qur’an, Shalip Sanri Geolfano.

Ia berharap layanan MoQu dapat memotivasi anak-anak di pelosok Tasikmalaya untuk semakin semangat menghafal Al Qur’an. MoQu juga akan memberikan bantuan 100 paket alat tulis untuk anak-anak calon penghafal Qur’an di daerah-daerah yang dikunjungi.

“Semoga paket alat tulis ini bisa bermanfaat untuk anak-anak memulai kelas di tahun ajaran baru,’ ucap Shalip.

Rp. 20.000

Hamba Allah
21 May 18


Rp. 100.000

Rendy dan Dea
19 May 18

Semoga yang sakit cepet smebuh, keluarga sehat selalu, diberikan rizki yang berlimpah dan barokah, pengen punya anak 2 perempuan yang sehat dan sempurna


Rp. 50.000

Wagiman Ijaya
22 May 18

Sedekah atas nama bapak wagiman ijaya, smoga amal ibadah nya diterima Allah Swt, dijauhkan dari azab kubur, azab api neraka, dikaruniai syurga tanpa hisab, smoga ini menjadi sedekah jariyah untuk beliau,, Aamiin Yaa Rabbal'alaamiin


Rp. 50.000

Chandra Heri Prasetyo
21 May 18

Ya Alloh kabulkan semua hajad dunia dan akhirat ku beserta keluargaku.


Rp. 50.000

hamba allah
21 May 18

di permudahkan segala urusan


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE