Pembangunan Pesantren Lansia Untuk Teman Diusia Senja
DaquSemarang Identitas terverifikasi
Rp 30.000 terkumpul dari Rp 50.550.000
jumlah donatur 3 donatur
sisa waktu 53 hari lagi
Bantu share campaign ini :
Informasi Campaign

Pembangunan Pesantren Lansia Untuk Teman Diusia Senja

Pesantren Raden Rahmat merupakan sebuah pesantren yang terletak di dusun Gedong, Banyu Biru, Kabupaten Semarang. Pesantren ini dibangun dan diberi nama Pesantren Raden Rahmat. Pesantren ini diperuntukkan untuk orang tua di usia senjanya yang bertujuan untuk memuliakan dan memartabatkan para orang tua. Pendirian pesantren ini dilatarbelakangi karena seringkali diusia senja  para orang tua memiliki keinginan untuk kembali belajar ilmu agama dan memenuhi kebutuhan rohaninya namun terhalang oleh tidak adanya teman, tempat dan guru. Dengan adanya pesantren Raden Rahmat ini dapat dijadikan wadah berkumpulnya orang tua berbagi cerita dan menimba ilmu agama.

Sampai saat ini terdapat 105 santri lansia yang belajar ilmu agama namun tidak untuk menetap, santri berasal dari masyarakat setempat juga dari luar daerah, ada juga yang berasal dari orang tua terlantar dan sebatang kara, mereka datang dari berbagai latar belakang sosial yang memiliki satu tujuan suci yaitu istiqomah untuk hidup dalam lingkungan agama dengan tujuan akhir khusnul khotimah. Setidaknya ada 11 relawan pengajar yang ikhlas meluangkan waktu dan ilmunya berbagi dengan para santri.


Didalam pesantren lansia ini memiliki fokus pembinaan bukan hanya ilmu agama dan mengaji namun mereka memiliki 3 unggulan program yaitu olah raga, olah rasa, dan olah jiwa, tiga rangkaian keseimbangan dalam hidup dimana penting menyelaraskan antara hati, jiwa, dan raga.  Selain itu pesantren Raden Rahmat juga memiliki 3 pilihan program belajar Al Qur’an diantaranya 3 bulan untuk mengenal huruf dan bacaan Al Qur’an, 6 bulan membaca lancar Al Qur’an, dan 1 tahun untuk menghafal Al Qur’an.

Meskipun dalam keterbatasan tempat para santri lansia dengan penuh semangat setiap hari datang dan mengikuti proses belajar. Para pengurus pesantren berusaha memberikan tempat terbaik untuk para santri. Melihat terus berkembangnya pesantren ini dan bertambahnya santri lanjut usia yang berminat untuk belajar agama maka dibutuhkan tempat yang layak dan nyaman untuk para santri demi menambah semangat dalam menuntut ilmu. Kami berikhtiar untuk membangun dan menambah lagi ruangan untuk pesantren lansia Raden Rahmat. Berupa asrama dan tempat belajar yang dapat digunakan untu mengaji, muhasabah, dan berdiskusi para santri. Rencana pembangunan asrama dengan luas 100 m untuk 10 orang santri.


Sobat baik mari menjadi bagian dari barisan orang – orang bermanfaat yang dicintai Allah dengan mewujudkan asrama layak untuk para santri lansia di Pesantren Raden Rahmat ini. Semoga pahala dan keberkahan terus mengalir dari para santri penghafal Al Qur’an dan orang – orang yang mempelajari Al Qur’an.  


SObat Baik dapat bersedekah melalui cara berikut;

1. Klik 'DONASI SEKARANG'

2. Isikan Jumlah Nominal Donasi, Email, No.Hp dan Doa Terbaik SObat.

3. Klik "LANJUT PEMBAYARAN'

4. Pilih Model Pembayaran (BNI, Permata Bank, Mandiri, BRI, BCA, OVO, LinkAja, Dana, QRIS, Alfamart, Paytren Point)

5. Alhamdulillah, Sedekah Anda Sudah Tertunaikan

Belum Ada Update