Yuk Sedekah di Setiap Tanggal 20 Mulai dari 20 Ribu Rupiah

Tanggal Terbit: 20 February 2020

Masih membahas tentang moment gajian, nampaknya saat-saat menantikan bertambahnya digit angka di saldo merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu kan, SOb? Sebelum gaji masuk ke rekening, pasti kita sudah memetakkan beberapa pengeluaran. Tips untuk mengatur gaji bulanan agar tidak boros sudah kami bagikan ke SObat pada artikel sebelumnya ya.

---

Kali ini, yang akan kita bahas adalah saat-saat menunggu gajian tersebut datang. Nah, beberapa dari kita mungkin saja masih memiliki sisa anggaran dari bulan sebelumnya sebelum datangnya waktu gajian. Tapi, sebagian lainnya pun mengaku sangat menunggu saat-saat gajian karena mulai meniupisnya anggaran dari bulan lalu.

Jadi ingat salah satu ayat di Al-Qur'an nih SOb, Allah berfirman, “(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan..” (QS. Ali Imran: 134)

Ternyata, sedekah tidak hanya di waktu lapang ya SOb. Bahkan di waktu sempit, seorang muslim pun tetap dianjurkan untuk sedekah. Tapi, kalau sedang sempit, bagaimana bisa sedekah? Untuk diri sendiri saja pas-pasan!

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak hadits berikut, dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “satu dirham dapat mengungguli seratus ribu dirham“. Lalu ada yang bertanya, “bagaimana itu bisa terjadi wahai Rasulullah?” Beliau jelaskan, “ada seorang yang memiliki dua dirham lalu mengambil satu dirham untuk disedekahkan. Ada pula seseorang memiliki harta yang banyak sekali, lalu ia mengambil dari kantongnya seratus ribu dirham untuk disedekahkan.” (HR. An Nasai no. 2527 dan Imam Ahmad 2: 379. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Sudah jelas kan, SOb, kalau sedekah di waktu sempit itu lebih bernilai di mata Allah dan Rasul-Nya dibandingkan di waktu yang lapang. Karena, ketika kita tetap bersedekah di waktu yang sempit, sedangkan kebutuhan kita juga masih harus dipenuhi, itu berarti kita telah mengorbankan harta kita untuk orang lain. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan, seperti yang tertera di ayat sebelumnya.

Jadi, bagaimana kalau sebelum gajian kita bareng-bareng sedekah, SOb? sedekahonline.com memiliki sebuah gerakan yang dinamakan 20.20, yaitu sebuah moment yang digarap oleh sedekahonline.com untuk mengajak SObat semua bersedekah di setiap tanggal 20 mulai dari 20 ribu rupiah. Gampang kan, SOb?

Nominalnya juga tidak terlalu banyak, hanya mulai dari 20 ribu rupiah. Dengan sedekah tersebut, SObat sudah berkontribusi dalam aktivitas sosial kami, diantaranya adalah untuk memuliakan para penghafal Al-Qur'an.

Yuk SObat, bareng-bareng sedekah setiap tanggal 20 mulai dari 20 ribu rupiah!


Paling Populer

13 Bukan Angka Sial
20 April 2017
Merindu Ramadhan
7 June 2017

Sedekah Populer