Banjir Rendam Sejumlah Wilayah di Jabodetabek - Indonesia Siaga Bencana

  • TerkumpulRp 22.444.419
Batas WaktuOpen Donation
Bantu campaign ini dengan menjadi Fundraiser

Program Oleh
Sedekah Online
Terverifikasi

Banjir Kembali Rendam Jakarta dan Sekitarnya

Curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini menyebabkan sebagian wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya kembali terendam banjir. Informasi terbaru pada hari ini, Selasa (25/2), dilansir dari kompas.com air sudah mulai naik di beberapa ruas jalan di Ibu Kota, contohnya saja Jalan Kayu Mas Timur Raya, Pulogadung, Jakarta Timur, Jalan Sutomo 2, Cawang, Jakarta Timur, Jalan Sutomo 2, Cawang, Jakarta Timur, Jalan Anyar, Menteng, Jakarta Pusat dan sejumlah daerah lainnya.

Sumber: (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Air diketahui naik hingga ketinggian 20-70 cm. Hal tersebut tentu menghambat aktivitas masyarakat, terutama bagi mereka para pengguna jalan yang hendak berangkat bekerja, sekolah dan lain sebagainya.

Lebih dari pada itu, di beberapa sudut kota pun air dikabarkan masuk ke rumah-rumah warga. Alhasil, warga yang rumahnya terendam banjir pun harus mengevakuasi barang-barang dan mengungsi ke tempat yang lebih aman. Misalnya kawasan pemukiman di Tebet, Jakarta Selatan.

Selain di DKI Jakarta, wilayah yang pada awal tahun lalu mendapat sorotan publik karena direndam banjir setinggi dada orang dewasa pun kembali menyita perhatian, yaitu kawasan Ciledug Indah, Tangerang. Menurut pantauan Wartakotalive.com dari laporan warga, banjir dengan tinggi 30-40 cm menggenangi Perumahan Ciledug Indah I.

Dok warga (wartakotalive.com)

Sejak pukul 04.00 WIB, warga sudah mulai mengungsikan kendaraan mereka. Hasilnya, sejumlah mobil pribadi sudah berjajar di sepanjang Jalan Raya Hasyim Ashari, Perumahan Ciledug Indah I.

Sementara itu di daerah Larangan, kawasan Ruko Puri Beta I, Tangerang atau dekat terminal Transjakarta terdapat genangan air setinggi 30 cm. Hal itu menyebabkan tersendatnya aktivitas warga yang berlalu-lalang di jalan tersebut.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sendiri memprediksi sejumlah daerah seperti Bekasi, Tangerang, Jakarta dan Bogor masih potensi hujan hingga awal Maret mendatang. Dengan prakiraan tersebut, warga dihimbau agar tetap waspada. Terlebih jika hujan diserta angin, kilat dan petir yang dapat membahayakan masyarakat.

Tim SIGAB akan terus menyusuri sejumlah titik lokasi tedampak banjir lainnya sampai musibah tersebut usai. PPPA Daarul Qur’an mengajak para donatur untuk ikut memberikan kepedulian kepada saudara-saudara kita yang tengah dilanda banjir. Dukungan SObat online sangat berguna bagi para korban banjir dan tim SIGAB dalam melaksanakan tugas kemanusiaan ini.

Mari SObat online, kita sama-sama bantu para korban dan mendoakan semoga banjir lekas surut dan saudara-saudara yang terdampak di berikan kesabaran dan kesehatan. Aaamiiin

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a, “Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.“

Artinya, “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan." (HR. Bukhari no. 1014 dan Muslim no. 897)

Untuk Mendukung Program Ini Caranya :

1. Klik tombol "SEDEKAH SEKARANG".

2. Masukkan "NOMINAL" yang anda inginkan dan "Sertakan Doa terbaik Anda".

3. Pastikan Anda sudah mengisi “FORM DATA” yang tersedia dengan benar.

4. Pilih metode pembayaran (Transfer Bank BCA, BRI, BNI Syariah, Virtual Account dan Paytren) dan jika sudah login bisa medapatkan "kemudahan dalam bertransaksi"

5. Lakukan “transfer sesuai dengan Informasi di invoice” yang dikirim melalui email atau sms sistem.

Note :

*Jika menggunakan metode pembayaran Virtual Account diharapkan melalukan pembayaran sesuai dengan total biaya yang sudah ditambahkan dengan biaya admin bank.

** Pastikan email Daarul Qur'an dan Sedekah Online berada di "kotak masuk/primary Anda" untuk mendapatkan update laporan program melalui email.

***Jika Anda mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan chat kepada kami dengan klik "Tombol Bantuan" atau email ke [email protected]

Beritahu Program ini kepada Teman Lewat :

Banjir masih mengepung sejumlah wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada Kamis (2/1). Selain terjun ke lokasi terdampak, tim Siaga Bencana (SIGAB) PPPA Daarul Qur’an juga mendirikan dapur umum. Salah satunya di depan kantor pusat PPPA yang berada di Kawasan CBD Ciledug, Tangerang.

Dapur umum ini menjadi posko utama SIGAB mengingat cukup banyaknya lokasi terdampak banjir di Tangerang seperti di Kompleks Ciledug Indah, Pondok Bahar, Cipondoh dan sejumlah daerah lainnya. Tim SIGAB sendiri telah melakukan survei dan mendistribusikan bantuan ke wilayah-wilayah tersebut. Di Kompleks Ciledug Indah genangan banjir masih seleher orang dewasa.

“Masih banyak korban banjir di Tangerang yang mengungsi, mereka belum bisa kembali ke kediaman masing-masing karena rumahnya masih terendam banjir. Kebutuhan mendesak warga yakni makanan, air mineral, pakaian dan kebutuhan logistik lainnya,” harap Direktur Operasional PPPA Daarul Qur’an Abdul Sidik yang juga terjun langsung ke lokasi banjir di Kompleks Ciledug Indah.

Sejak pagi, seluruh insan PPPA Daarul Qur’an bergegas menyiapkan kebutuhan untuk aksi peduli banjir Jabodetabek. Para muslimah meyediakan berbagi keperluan memasak di dapur umum sementara ikhwannya memasok kebutuhan yang akan didistribusikan. Semua bergotong-royong berupaya untuk memberikan yang terbaik kepada warga terdampak bencana banjir.

“Harapannya dapur umum yang kami dirikan bisa memudahkan akses bantuan untuk warga terdampak banjir. Masyarakat yang ingin ikut serta bisa langsung memberikan bantuannya kepada PPPA Daarul Qur’an untuk langsung disalurkan kepada para korban terdampak banjir,” tutur Abdul Sidik. (ara)